Cara Menampilkan Ruler di Word Semua Versi

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah dokumen yang cukup populer di dunia, setidaknya MS Word memiliki 100,664 pengguna atau sekitar 6.38% untuk kategori software produktifitas.

MS Word sangat membantu untuk menyelesaikan berbagai macam kegiatan, seperti membuat surat, menyusun jurnal laporan, skripsi, dan lain sebagainya, dan pastinya mengharuskan dokumen tertata dengan rapi.

Oleh karena itu, penting adanya untuk mengaktifkan fitur ruler yang ada di Word. Cara menampilkan ruler di Word sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah, hanya saja beberapa pengguna Microsoft Word masih belum tahu cara memunculkan fitur ruler tersebut.

Fitur ruler ini memiliki fungsi layaknya sebuah penggaris, dan biasanya digunakan untuk mengatur jarak paragraf. Sehingga laporan atau berkas yang sedang dikerjakan jadi rapi dan mudah dibaca.

Beberapa laptop/komputer biasanya akan otomatis memunculkan ruler. Tapi, jika laptop kamu belum melakukannya, maka kamu bisa mengaktifkannya dengan cara berikut ini.

Cara menampilkan ruler di Word dengan mudah

Semua versi Microsoft Word yang ada di pasaran memiliki fitur ruler di dalamnya. Fitur tersebut selalu ditempatkan di tempat yang sama meskipun kamu menggunakan versi MS Word yang berbeda.

Jadi, cara memunculkan ruler di Word ini bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan oleh pengguna Word 97 sekalipun. So, silahkan simak caranya di bawah ini.

cara memunculkan ru;er di word
  1. Buka atau jalankan aplikasi Microsoft Word
  2. Pilih tab View pada menu bar
  3. Kemudian centang Ruler untuk menampilkan ruler di Word yang kamu gunakan

Jika kamu inginkan cara yang lebih simpel dan cepat, kamu bisa memunculkan ruler di Word dengan cara meng-klik ikon ruler yang ada di pojok kanan atas lembar kerja dokumen. Atau lihat gambar di bawah ini jika belum paham.

cara menampilkan ruler di word dengan cepat

Cara mengganti satuan ukuran ruler di Word

Jika kamu sudah berhasil menampilkan ruler di Word, tapi jarak dan angkanya kok terlihat asing, kemungkinan ruler yang kamu aktifkan satuannya masih dalam Inch. Sedangkan kita atau tepatnya orang Indonesia lebih familiar dengan satuan sentimeter.

Hal tersebut sangatlah wajar dan tidak perlu khawatir, karena satuan default dari Microsoft Word adalah Inch, tapi kamu bisa mengubahnya dan begini caranya.

cara mengganti ukuran ruler di word
  1. Jalankan aplikasi MS Word
  2. Pilih tab File yang ada di pojok kiri atas
  3. Pilih Options
  4. Pilih Advanced pada kolom sebelah kiri
  5. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan bagian Display
  6. Ubah satuannya ke centimeter di bagian “Show measurements in units of”
  7. Dan terakhir klik OK untuk menyimpan pengaturan

Demikian cara menampilkan ruler di Word sekaligus cara mengubah satuan ukurnya. Jangan lupa baca juga cara menghilangkan garis merah di Word agar produktifitasmu semakin meningkat pesat.

Suka dengan Konten Ini?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Kasih Tau Temen Kamu
Haruna
Haruna

Tech Enthusiast yang suka ngulik dan selalu penasaran dengan perkembangan teknologi terbaru.

Articles: 123

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *