4 Cara Cleaning Printer Segala Merek dengan Baik dan Benar

4 Cara Cleaning Printer Segala Merek dengan Baik dan Benar

Meskipun mudah, tidak semua orang paham cara cleaning printer yang baik dan benar. Oleh karena itu, Barstow membuat artikel cara cleaning printer ini, agar kedepannya printer tidak mudah rusak lagi.

FYI (For Your Information) printer merupakan salah satu perangkat elektronik yang mudah rusak. Baik itu dari hardware maupun software-nya. Mulai dari printer tidak mau connect, hasil cetak putus-putus, tidak bisa narik kertas, tinta bocor, tinta tidak keluar dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, printer harus rajin dibersihkan secara berkala agar masalah-masalah diatas tak lagi kamu alami. Repot, kan? Kalau mau buru-buru nyetak, tapi printer tetiba rusak. Ok langsung saja, simak cara cleaning printer di bawah ini.

Tahapan cleaning printer yang baik dan benar

Tahapan cleaning printer yang baik dan benar
Photo by George Milton on Pexels.com

Ok, diatas sudah kita singgung bahwa tidak semua orang tahu cara cleaning printer yang baik dan benar yang berhasil kami rangkumkan dari teknisi printer berpengalaman.

Pertama, perhatikan dulu warna apa yang tidak mampet atau tidak keluar sama sekali. Misal warna hitam saja, maka kamu bisa langsung membersihkannya begitu saja.

Jika terdapat lebih dari satu warna yang tidak keluar atau bahkan semuanya, maka kamu perlu melakukan deep cleaning agar printer kembali normal lagi. Perlu diketahui, cleaning printer adalah proses membersihkan head tinta yang terdapat pada jarum head printer.

Kedua, pastikan selama proses cleaning, printer dalam kondisi menyala. Jangan sampai printer tetiba mati, baik itu disengaja maupun tidak, karena jika printer tetiba mati, akan menyebabkan kerusakan permanen pada printer. Dan artinya kamu harus ganti printer baru.

Ketiga, jika selesai cleaning masih bermasalah hasil cetaknya. Silahkan ulangi lagi langkah-langkah cara cleaning printer untuk masing-masing merek yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Cara cleaning printer Canon

  1. Nyalakan printer
  2. Gunakan laptop/komputer kemudian buka Device and Printers
  3. Klik kanan Printer yang kamu gunakan pilih Properties
  4. Pilih tab maintenance
  5. Pilih cleaning atau deep cleaning (Kalau hanya buram atau bergaris hasilnya, pilih cleaning tapi kalau tidak keluar sama sekali pilih deep cleaning)
  6. Pilih warna yang ingin kamu cleaning
  7. Ikuti langkah berikutnya sampai selesai
  8. Terakhir check nozzle printer pattern untuk mengecek apakah sudah bersih atau belum

Jika hasilnya masih buram atau bergaris, silahkan ulangi lagi langkah-langkah diatas sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Ingat ya, hanya boleh melakukan cleaning atau deep cleaning ketika printer bermasalah saja, tidak boleh sering-sering. Karena akan menyebabkan masalah baru jika terlalu sering melakukan cleaning printer.

Cara cleaning printer Epson

Pada dasarnya, cara cleaning printer Epson maupun Canon tidak jauh berbeda, begitu juga dengan merek printer lainnya. Hanya saja, tidak semua orang tahu caranya.

  1. Pastikan printer dan komputer sudah terhubung
  2. Klik tombol Windows, cari Device and Printers kemudian klik
  3. Klik kanan pada printer yang terdeteksi, pilih Printer Preferences
  4. Pilih tab maintenance
  5. Pilih Head Cleaning
  6. Kemudian klik Start untuk memulai proses cleaning printer
  7. Tunggu prosesnya sampai selesai
  8. Terakhir klik Print Nozzle Check Pattern, kemudian klik Finish

Perlu diingat, ketika proses cleaning sedang berlangsung jangan sampai printer mati, entah karena sengaja maupun tidak. Karena jika mati, akan menyebabkan kerusakan permanen pada printer.

Cara cleaning printer HP

  1. Buka aplikasi Deskjet, jika belum ada silahkan download di situs resmi HP
  2. Pilih tab Print
  3. Pilih Maintain Your Printer
  4. Pilih tab Device Services
  5. Klik Clean Ink Cartridges
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai dengan munculnya notifikasi “Cleaning Has Completed”

Sekarang silahkan coba gunakan untuk mencetak dokumen, apakah hasilnya sudah normal kembali atau belum. Jika belum, silahka ulangi lagi langkah-langkah cleaning printer HP diatas.

Cara cleaning printer Brother

Untuk cara cleaning printer Brother, mungkin langkah-langkahnya akan sedikit berbeda dengan cara cleaning printer Epson, Canon dan HP diatas. Kamu harus menggunakan kombinasi tombol untuk melakukan head cleaning printer Brother. Berikut caranya.

  1. Klik Menu kemudian Pilih Mono, dilanjut dengan menekan tombol arah atas sebanyak 4x
  2. Masukkan kode 76 untuk melakukan deep cleaning dan kode 768 untuk cleaning biasa
  3. Tunggu prosesnya sampai selesai, kemudian masukan kode 09 untuk cek hasil cleaning
  4. Jika hasil cetakan sudah normal, masukkan kode 99 untuk keluar (kalau masih bingung, silahkan simak video di bawah ini)

Jika ternyata hasil cetakannya masih bermasalah, silahkan ulangi langkah-langkah cara cleaning printer diatas sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Demikian artikel cara cleaning printer Epson, Canon, HP dan Brother yang berhasil kami rangkumkan. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke teman atau sodara lewat tombol FB, Twitter atau WhatsApp di bawah.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai dan membagikannya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar cleaning printer

Apa itu cleaning printer?

Cleaning printer adalah proses pembersihan head unit printer yang bermasalah, sehingga hasil cetak jadi buram, bergaris atau tidak sesuai dengan dokumen

Bagaimana cara cleaning printer?

Mudah, tidak perlu bongkar printer atau ke tukang servis printer. Cukup pakai aplikasi saja.

Dimana letak head cleaning printer?

Letaknya ada di software printer. Caranya klik kanan pada printer yang digunakan, pilih Printer Preferences/Properties, pilih tab maintenance, kemudian pilih head cleaning.

Berapa lama proses cleaning printer?

Tidak lama, normalnya hanya sekitar 10-15 menit saja jika tidak terlalu parah.

Apa perbedaan cleaning dan deep cleaning?

Perbedaan paling mendasar adalah terkait penggunaan tinta. Jika melakukan deep cleaning tinta yang dibutuhkan jaug lebih banyak dibandingkan dengan cleaning biasa.

Kasih Tau Temen Kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.