Cara Mengambil Screenshot di Windows 11

5 Cara Mengambil Screenshot di Windows 11

Ada banyak perubahan yang dibawa oleh Windows 11, mulai dari tampilan antarmuka hingga beberapa trik khusus lainnya. Misalnya saja cara mengambil screenshot di Windows 11, yang mana bisa kamu lakukan dengan beberapa cara dan lebih simpel dari versi sebelumnya.

Setidaknya ada 5 cara mengambil screenshot yang bisa kamu lakukan di Windows 11. Penasaran seperti apa caranya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara mengambil screenshot di Windows 11 dengan tombol PrtScn (Print Screen) dan paste

Sebenarnya cara mengambil screenshot dengan tombol PrtScn juga bisa kamu lakukan di versi Windows terdahulu. Tinggal pencet tombol PrtScn untuk screenshot seluruh jendela kemudian beralih ke aplikasi yang memungkin kamu untuk paste gambar, seperti halnya Paint, Paint 3d, Adobe Photoshop, Canva dan lain-lian.

Jika hanya ingin mengambil screenshot di jendela aplikasi yang sedang aktif saja, kamu perlu menekan Alt+PrtScn di keyboard kemudian tempel gambar seperti contoh sebelumnya.

Cara mengambil screenshot di Windows 11 agar tersimpan otomatis di OneDrive

onedrive
sumber; pcmag.com

Di Windows 11, kamu juga bisa melakukan screenshot layar kemudian akan tersimpan otomatis ke OneDrive. Sebenarnya kamu bisa melakukannya dengan cara PrtScn kemudian paste di OneDrive. Hanya saja, cara ini terlalu merepotkan karena harus membuka OneDrive terlebih dulu.

Tapi yang ingin kami sampaikan disini adalah agar hasil screenshot akan langsung tersimpan otomatis di OneDrive layaknya melakukan screenshot menggunakan tombol Windows+PrtScn yang akan kita bahas selanjutnya.

Caranya adalah buka pengaturan OneDrive dengan cara menekan ikon awan yang ada di sisi sebelah kanan taskbar. Pilih Backup tab di menu settings OneDrive, centang Automatically Save Screenshots, kemudian klik OK.

Denga begitu, ketika kamu menekan tombol PrtScn maka hasil screenshot nya akan langsung tersimpan di OneDrive dan bisa kamu akses dari mana saja ketika membutuhkannya.

Cara mengambil screenshot di Windows 11 dengan tombol Windows+PrtScn

Ada yang belum tahu kalau kamu bisa mengambil screenshot dengan kombinasi tombol Windows+PrtScn? Yab betul, bisa. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di Windows 10 dan versi Windows lainnya.

Seperti halnya cara mengambil screenshot yang otomatis tersimpan di OneDrive. Cara yang satu ini akan otomatis menyimpan hasil screenshot di penyimpanan lokal.

Secara umum, hasil screenshot akan disimpan di Picture > Screenshots, selain itu kamu juga bisa mengaksesnya melalui Windows Photo App.

Cara mengambil screenshot di Windows 11 menggunakan snipping tool

Masih sama seperti pada versi Windows 10, kamu juga bisa mengambil screenshot dengan menggunakan snipping tool di Windows 11. Caranya cukup menekan tombol Windows+Shift+S.

Kemudian akan muncul jendela snipping tool, dimana kamu bisa mengambil screenshot dengan berbagai bentuk. Mulai dari seleksi bentuk kotak, freehand, jendela aplikasi yang aktif, atau layar secara keseluruhan hanya dengan menggunakan kursor, setelah kamu lepas kursornya maka akan muncul notifikasi di sebelah kanan bawah.

Klik notifikasi tersebut untuk melakukan editing hasil screenshot yang baru saja kamu lakukan.

Cara mengambil screenshot di Windows 11 menggunakan Windows Game Bar

Fitur yang sebelumnya ada di Windows 10 ini juga hadir di Windows 11. Ada berbagai macam hal yang bisa kamu lakukan menggunakan fitur ini, diantaranya adalah merekam layar, merekam suara, dan melakukan screenshot layar laptop.

Cara mengambil screenshot di Windows 11 menggunakan aplikasi pihak ketiga

Salah satu aplikasi screenshot pihak ketiga yang paling kami rekomendasikan adalah SnagIt. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan menggunakan SnagIt, salah satunya adalah untuk mengambil screenshot.

Untuk fitur lengkapnya bisa kamu simak video di bawah ini, atau bisa langsung mengunjungi situs TechSmith untuk membeli SnagIt seharga 49.

Demikian beberapa cara mengambil screenshot di Windows 11 yang bisa kamu coba satu per satu. Kalau kami sendiri lebih suka menggunakan cara Windows+PrtScn. Bagaimana dengan kamu?

Leave a Reply