Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Oleh Orang Lain

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Oleh Orang Lain

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap – WhatsApp kini menjadi aplikasi perpesanan nomor satu di dunia dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif per hari. Karena banyaknya pengguna, informasi yang dibagikan juga sangat besar. Tak jarang orang penting dan berpengaruh juga menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Di sisi lain, kepopuleran WhatsApp kerap dimanfaatkan sejumlah individu untuk mendapatkan keuntungan melalui peretasan.

Orang yang melakukan hack akan memperoleh data dan biasanya menjual data tersebut kepada pihak lain atau menggunakannya sendiri untuk tujuan tertentu.Tindakan peretasan ini menyasar siapa saja yang menggunakan WhatsApp, baik instansi pemerintah, bank, lembaga pendidikan, hingga akun pribadi. Untuk itu, pengguna harus berhati-hati dan peka jika akun menunjukkan gejala peretasan.

Ciri-ciri WhatsApp disadap oleh orang lain

Indikasi peretasan WhatsApp biasanya terlihat ketika aplikasi ini tidak bisa melakukan beberapa perintah, seperti login, panggilan suara, hingga pesan yang sudah dibaca meski belum dibuka. Maka tak heran jika ada pihak yang membuat software berbahaya agar bisa menyadap komunikasi pribadi di WhatsApp, padahal layanan ini sudah menerapkan enkripsi end-to-end. Jadi, bagaimana cara Mengetahui Whatsapp Disadap, berikut ulasannya.

Menerima One Time Password (OTP)

Menerima One Time Password (OTP)
Photo by Black ice on Pexels.com

Indikasi umum peretasan WhatsApp terjadi ketika pengguna tiba-tiba keluar dari aplikasi dan menerima kode OTP yang dikirim melalui pesan teks atau telepon. Akun yang diretas menyulitkan pengguna untuk login karena satu nomor telepon hanya bisa digunakan oleh satu aplikasi. Jika ini masalahnya, maka jangan pernah menyerahkan kode tersebut kepada siapa pun.

Sebab, untuk mengkloning nomor pelaku, Anda harus memiliki akses ke kartu SIM korban. Anda juga harus berhati-hati jika ada pesan masuk atau telepon dari nomor asing yang mengaku sebagai teman Anda dan meminta untuk dikirimkan kodenya karena sulit untuk login ke akun WhatsApp.

Satu nomor telepon pada dasarnya hanya bisa digunakan dalam satu aplikasi WhatsApp atau biasa disebut dengan single-device login. Nah, jika Anda tiba-tiba keluar atau logout dari aplikasi WhatsApp tanpa disadari, kemungkinan ada orang lain yang menggunakan nomor ponsel Anda untuk login ke aplikasi WhatsApp.

Padahal, untuk bisa login di suatu perangkat, WhatsApp biasanya meminta one time password atau kode OTP yang dikirimkan langsung ke nomor telepon. Untuk itu, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapapun. Ini juga dimungkinkan ketika nomor telepon telah digandakan, memungkinkan peretas untuk membuka pesan masuk yang berisi OTP.

Baterai Cepat Habis

baterai hape cepat habis
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Tanda-tanda peretasan dapat dilihat dengan melihat baterai ponsel cerdas Anda. Jika baterai cepat habis, bisa jadi ada aplikasi yang disadap, termasuk WhatsApp. Baterai perangkat yang cepat habis dapat terjadi karena salah satu aplikasi tetap berjalan meskipun pengguna tidak mengaksesnya.

Chat Masuk Sudah Dibaca

pesan masuk sudah terbaca
Photo by Roman Pohorecki on Pexels.com

Tanda lain bahwa WhatsApp telah disadap oleh pihak lain adalah pesan telah dibaca meskipun Anda tidak membuka pesan tersebut. Tanda pesan terbaca adalah centang ganda yang berubah menjadi biru, jika fitur ini telah diaktifkan sebelumnya.

Tetapi jika pengguna tidak mengaktifkannya, ia juga dapat menyadari bahwa pesannya telah dibaca dengan melihat apakah nomor notifikasi di setiap obrolan telah hilang. Saat pengguna belum membuka pesan dari kontak namun nomor notifikasi sudah hilang, kemungkinan ada orang lain yang membuka chat WhatsApp Anda.

Dijadikan sebagai aplikasi perpesanan utama, banyak yang tidak sadar ada oknum tak bertanggung jawab yang siap membajak privasi. Tapi, kamu dapat mengetahui cara mengetahui WA disadap dengan memperhatikan chat yang masuk.

Jika ada pesan masuk, tentunya akan ada notifikasi yang akan muncul di layar Anda. Namun saat WhatsApp dibuka, Anda tidak menemukan pesan baru. Tidak ada angka yang menunjukkan berapa banyak obrolan baru yang masuk.

Anda tidak akan menyadari bahwa WhatsApp Anda telah diretas ketika Anda memeriksa obrolan di grup. Mungkin kamu juga sengaja membisukan notifikasi grup agar tidak terlalu berisik dan mengganggu. Namun, cara mengetahui apakah WA disadap akan mudah dilihat dari pesan pribadi yang dikirimkan orang lain kepada Anda. Kontak ada di atas, tetapi terbaca sendiri sebelum Anda membukanya.

Cek Whatsapp Web

WhatsApp Web adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp melalui browser di perangkat laptop atau komputer. Fitur ini sangat penting bagi pengguna PC, tetapi di sisi lain memungkinkan peretas atau pihak lain untuk meretas akun WhatsApp.

Untuk mengetahui apakah akun WhatsApp Anda telah disadap, Anda dapat membuka Pengaturan atau menu Tiga Titik di kanan atas WhatsApp, lalu pilih WhatsApp Web. Jika ternyata Anda login di perangkat yang tidak Anda kenal dengan lokasi yang tidak dikenal, pilih logout atau logout dari semua perangkat.

Opsi ini juga bisa dilakukan dari perangkat iOS, caranya pilih Pengaturan di kanan bawah, lalu pilih WhatsApp Web dan centang perangkat terhubung. Jika perangkat tidak dikenali, kami sarankan Anda memilih logout dari semua perangkat.

Status Aktif di Perangkat Lain

Cara lain untuk mengetahui apakah WA disadap adalah dengan melihat terakhir kali WA aktif. Apalagi bagi Anda yang setiap hari mengakses WhatsApp di perangkat lain menggunakan WhatsApp Web. Saat Anda terhubung ke beberapa perangkat, Anda dapat memantau di mana Anda telah masuk dan membuka WhatsApp Web. Anda bisa langsung mengeceknya dari smartphone Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik pengaturan atau ikon tiga titik di sudut kanan atas
  • Pilih WhatsApp Web
  • Di layar akan ditampilkan di perangkat mana Anda mengakses WhatsApp selain di ponsel Anda. Ini akan mengatakan merek perangkat serta detail terakhir kali Anda mengaksesnya. Lengkap dengan hari, tanggal dan jam

Jika Anda melihat perangkat dan waktu yang aneh, meskipun aktif pada saat yang bersamaan, kemungkinan WhatsApp Anda telah disadap oleh pihak lain. Kontak dan obrolan penting Anda dapat diakses oleh orang lain, Anda perlu waspada dan mengambil tindakan serius lebih lanjut, di sini.

Tiba-Tiba Logout Sendiri

Ketika WhatsApp tiba-tiba logout dengan sendirinya, itu salah satu ciri WhatsApp disadap oleh orang lain. Mungkin hal ini sering diremehkan dan diremehkan bagi banyak orang. Banyak yang berpikir positif, ini bisa menjadi hal yang biasa ketika aplikasi sedang diperbarui dan memang ada kesalahan dari sana.

Dalam keadaan ini, Anda tidak bisa bersantai dan tetap diam. Jika Anda telah mencapai tahap ini, Anda harus mencari tahu cara mengetahui WA kami disadap dengan melakukan langkah penting ini. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah keluar dari semua perangkat dan lakukan verifikasi dua langkah.

Logout Dari Semua Perangkat

Setelah mengetahui bahwa pihak yang tidak dikenal memiliki akses, Anda harus berani mengambil langkah untuk logout dari akses WhatsApp dari semua perangkat.

Meskipun Anda pernah menggunakan komputer di tempat kerja dan laptop pribadi, jika Anda menonaktifkan akses ini, tidak ada yang bisa sembarangan masuk. Caranya tidak jauh berbeda dengan mendeteksi status aktif di perangkat lain. Untuk kejelasan, ikuti langkah-langkah ini.

• Buka aplikasi WhatsApp
• Klik pengaturan atau ikon tiga titik di sudut kanan atas
• Pilih WhatsApp Web
• Di layar akan ditampilkan di perangkat mana Anda mengakses WhatsApp selain di ponsel Anda. Ini akan mengatakan merek perangkat serta detail terakhir kali Anda mengaksesnya. Lengkap dengan hari, tanggal dan jam
• Klik logout dari semua perangkat

Dalam hitungan detik, Anda hanya bisa membuka semua obrolan di WhatsApp di ponsel Anda. Cara ini dapat secara otomatis menghapus semua data pada perangkat yang telah digunakan. Langkah ini juga mengharuskan Anda untuk memindai kembali barcode saat mengakses WhatsApp Web atau Desktop meskipun Anda menggunakan laptop dan PC yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

Cara ini cukup efektif sehingga orang yang sebelumnya bisa membobol privasi tidak bisa menembus sistem keamanan ini. Dengan cara ini tentu saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang telah membobol ranah privasi Anda kehilangan akses untuk login. Dia tidak bisa masuk karena kuncinya sudah diganti dengan yang baru. Cara mengetahui whatsapp disadap akan membuat Anda bebas khawatir!

Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Untuk memastikan apakah akun WhatsApp Anda sedang disadap atau tidak, coba gunakan fitur panggilan WhatsApp. Biasanya, akun yang diretas tidak dapat menghubungi kontak di akun WhatsApp mereka. Hal ini bisa terjadi karena ada pihak lain yang menggunakan nomor telepon tersebut.

Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan Pemilik Akun

Cara ini cukup efektif untuk memastikan akun Anda telah diretas. Coba perhatikan aktivitas messaging pada aplikasi WhatsApp Anda. Jika menyertakan pemberitahuan bahwa pesan dikirim ke seseorang tanpa sepengetahuan Anda, kemungkinan pesan tersebut dikirim oleh orang lain yang meretas akun Anda.
Demikian ulasan tentang Cara Mengetahui Whatsapp Disadap semoga bermanfaat.

Kasih Tau Temen Kamu

Leave a Reply