Cara Menghapus Cache di Laptop

Cara Menghapus Cache di Laptop Windows dan MacOS

File cache yang menumpuk di laptop bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Solusinya adalah dengan membersihkannya, hanya saja tidak semua orang tahu cara menghapus cache di laptop, mungkin kamu adalah salah satunya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena sekarang kamu sudah ada di tempat yang tepat untuk menjawab ketidaktahuanmu tersebut. Karena disini akan kita bahas tuntas apa itu cache dan bagaimana cara clear cache yang baik dan benar.

Apa itu cache?

Cara Menghapus Cache di Laptop

Cache adalah data sementara yang dihasilkan oleh sebuah aplikasi. Dengan adanya cache tersebut kamu tidak perlu mengunduh semua data yang diperlukan ketika kamu menjalankan sebuah aplikasi, tapi resikonya bisa membuat laptop menjadi lemot. Apalagi kalau file cache sudah menumpuk.

Dan salah satu aplikasi yang paling banyak menghasilkan cache adalah Browser. Sedangkan file cache lain yang paling banyak adalah DNS cache, thumbnail cache, system restore cache dan lain-lain.

Jika kamu pengguna laptop Windows, file cache biasanya juga dihasilkan ketika kamu melakukan update Windows ke versi yang lebih stabil. Jumlahnya pun tidak nanggung-nanggung, biasanya sampai ber-giga giga, dan bisa menyebabkan laptop menjadi lemot.

Jangan lupa baca juga cara mempercepat kinerja Windows 10 yang sudah kami tulis sebelumnya.

Cara menghapus cache di laptop Windows

Cara menghapus cache di laptop Windows

Seperti yang sudah kita singgung diatas, jika file cache tidak dibersihkan akan membuat kinerja laptop/komputer menjadi lamban. Dan biasanya sering terjadi ketika habis melakukan update Windows ke versi yang lebih stabil.

Oleh karena itu, disini akan kami berikan cara menghapus/membersihkan file cache yang menumpuk di laptop Windows.

  1. Tekan tombol Windows+R
  2. Ketikkan ‘temp’ (tanpa tanda petik) kemudian Enter
  3. Kemudian akan muncul jendela yang berisi semua file cache yang bisa kamu hapus
  4. Pilih semua file cache dengan cara menekan tombol CTRL+A
  5. Kemudian tekan Delete

Jika sudah tutup jendela file cache yang aktif. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tekan tombol Windows+R
  2. Ketikkan perintah ‘%temp%’ (sekali lagi tanpa tanda petik) kemudian Enter
  3. Pada jendela yang muncul pilih semua file yang ada disana kemudian tekan Delete

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, selamat baru saja kamu membersihkan file cache yang menyebabkan laptop menjadi lemot karena penyimpanan yang penuh.

Selain cara yang sudah kita bahas diatas, kamu juga bisa menghapus file cache yang ada di Windows 10 melalui menu Settings modern yang bisa kamu ikuti caranya di bawah ini.

  1. Buka menu Settings
  2. Ketikkan storage settings di kolom pencarian
  3. Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai melakukan scanning
  4. Klik Temporary files, kemudian pilih file cache dimana saja yang ingin kamu hapus dan tunggu prosesnya sampai selesai

Cara menghapus cache di laptop MacOS

Cara menghapus cache di laptop MacOS

Tidak seperti laptop Windows, untuk membersihkan file cache di laptop dengan MacOS hanya butuh satu cara saja, yaitu melalui fitur Mac Finder. Jika sudah masuk ke Mac Finder, pilih menu Go pada bagian menu bar. Selanjutnya kamu akan melihat menu drop down, kemudian pilih Go to Folder.

Pada comment box yang muncul, ketikkan perintah ‘~/Library’ (tanpa tanda petik) kemudian tekan Go. Cari dan pilih folder cache, pilih semua file dan folder yang ada di dalamnya kemudian pindahkan ke trash. Kemudian empty trash.

Manfaat file cache

Seperti yang sudah sempat kita bahas sedikit diatas, file cache ini sangat membantu loading aplikasi agar semakin cepat. Karena semua data yang dibutuhkan sudah disimpan di lokal.

Caching biasanya juga terjadi di smartphone dengan fungsi yang kurang lebih juga sama dengan file cache yang ada di laptop. Hanya saja kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan meskipun lupa menghapus cache, karena biasanya file cache di smartphone akan terhapus otomatis setelah 7 hari.

Kelemahan file cache di laptop

Ada manfaat pasti ada kelemahannya juga. Jika file cache dibiarkan saja, maka dia akan menumpuk dan menghabiskan ruang penyimpanan, karena ruang penyimpanan yang semakin menipis maka kinerja laptop juga semakin lemot.

Selain itu, pada kasus tertentu, misal pada laptop yang digunakan secara bersama bisa membuat datamu rentan untuk diakses oleh orang lain melalui file cache tersebut.

Itulah cara menghapus cache di laptop Windows dan juga MacOS yang bisa langsung kamu coba. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Barstow untuk menambah wawasan.

Leave a Reply