Cara Partisi Hardisk Windows 10

Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Install Ulang

Cara partisi hardisk Windows 10 tanpa harus install ulang laptop sangat mungkin untuk dilakukan, tanpa perlu khawatir akan kehilangan data.

Partisi yang baik pada sebuah laptop atau komputer harusnya file sistem Windows dan file berada dalam partisi yang berbeda. Dimana file sistem diletakkan di Drive C dan file lain diletakkan di Drive D dan seterusnya.

Selain lebih rapi, struktur partisi yang bagus juga bisa membuat Windows 10 menjadi lebih optimal peformanya. Selain itu, jika terjadi masalah pada sistem, file dokumen masih tetap aman.

Tapi bagaimana kalau partisi laptop hanya ada 1?

Hal semacam ini mungkin sering terjadi dan kamu salah satu orang yang mengalami masalah tersebut. Dimana kamu tidak bisa menyimpan dokumen atau file multimedia pada partisi lain, karena partisinya hanya ada 1 saja, yaitu disk C.

Maka solusinya hanya satu juga, yaitu membuat partisi hardisk yang baru pada Windows 10 kamu. Kabar baiknya, Windows 10 punya fitur bawaan yang bernama Disk Management yang memungkinkanmu untuk membuat partisi baru tanpa harus install ulang laptop.

Penting; Sebelum membuat partisi di Windows 10 yang baru, baiknya kamu melakukan back-up data-data yang kamu anggap penting untuk diamankan. Meskipun kata Microsoft cara partisi hardisk Windows 10 yang satu ini aman tanpa menghapus data, tapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

Cara membuat / membagi partisi hardisk di Windows 10

cara partisi hardisk windows 10
  1. Tekan tombol Windows+R pada keyboard
  2. Ketik diskmgmt.msc kemudian Enter
  3. Klik kanan pada partisi Windows 10 yang ingin dibagi
  4. Pilih Shrink Volume
  5. Masukkan kapasitas partisi baru yang kamu inginkan pada kolom Enter the amount of space to shrink in MB (kapasitas yang kamu masukkan tidak boleh melebihi nilai yang ada pada kolom Size of available shrink space in MB)
  6. Kemudian klik Shrink. Sekarang partisi sudah terbagi menjadi 2, partisi pertama masih bernama C sedangkan partisi hardisk yang baru masih belum punya nama dan belum diformat atau masih Unallocated
  7. Klik kanan pada partisi baru (Unallocated) kemudian klik New Simple Volume untuk membuat dan menambah partisi baru di Windows 10
  8. Klik Next pada jendela New Simple Volume Wizard, kemudian klik Next lagi pada jendela Specify Volume Size
  9. Klik Assign the following drive letter, kemudian pilih drive yang ingin digunakan sebagai partisi baru. Dalam kasus kali ini kita buat saja Drive D misalnya, kemudian klik Next lagi
  10. Pilih NTFS pada File System, kemudian isi nama partisi baru yang kamu inginkan, misalkan Data Penting. Kemudian klik Next
  11. Klik Finish

Proses pembuatan partisi baru di Windows 10 sampai disini sudah selesai dan otomatis partisi baru yang kamu buat tadi akan muncul sebagai Drive D dengan nama yang sudah kamu tentukan juga.

Sekarang kamu sudah memiliki partisi baru di Windows 10. Bagaimana, mudah kan cara membuat partisi hardisk Windows 10?

Apakah data yang ada di Drive C aman?

Ya, semua data yang kamu miliki di local disk C tidak ada satupun yang hilang ataupun rusak. Kenapa? Karena Disk Management merupakan aplikasi resmi dari Microsoft yang diperuntukan untuk membagi atau membuat partisi baru.

Oleh karena itu, cukup gunakan Disk Management saja jika ingin menambahkan partisi baru di Windows 10 tanpa harus install aplikasi dari pihak ketiga, kecuali kamu butuh fitur tertentu yang tidak ada di Disk Management bawaan Windows.

Salah satu aplikasi untuk melakukan partisi hardisk yang bisa kami rekomendasikan adalah Easeus partition master ya g bisa kamu download melalui link ini.

Itulah cara partisi hardisk Windows 10 tanpa harus menghapus data yang bisa barstow bagikan, semoga bermanfaat, dan jangan segan untuk memberikan masukan lewat kolom komentar di bawah.

Leave a Reply