Hardisk Eksternal Tidak Terbaca?

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca? Atasi dengan 4 Cara Ini

Hardisk eksternal tidak terbaca bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah terjadinya kesalahan sistem perangkat laptop/komputer. Namun, belum banyak yang tahu cara mengatasi hardisk tidak terbaca.

Hardisk eksternal sendiri merupakan salah satu komponen penting yang sangat membantu ketika penyimpanan internal laptop/komputer sudah mulai penuh. Ukuran penyimpanan yang tersedia di pasaran juga sangat beragam, biasanya yang paling kecil adalah 1TB (terabyte).

Namun apa jadinya jikalau hardisk eksternal justru tidak terbaca oleh laptop/komputer? Kami kutip dari PC Mag, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika hardisk eksternal tidak terbaca.

4 Cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca

Sambungkan ke port USB lain

Langkah paling awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca adalah mencoba menghubungkannya ke port USB lain. Jika sebelumnya kamu menghubungkannya ke port USB 2.0, maka bisa kamu pindahkan ke port USB 3.0 (begitu juga sebaliknya).

Atau jika kamu menggunakan PC/komputer cobalah untuk menghubungkannya ke port USB yang ada di belakang CPU.

Jika cara ini masih belum berhasil, coba kamu hubungkan ke perangkat dengan OS lain. Jika sebelumnya kamu gunakan di laptop Windows, sekarang coba ke laptop Mac atau Linux (berlaku juga sebaliknya). Siapa tahu hardisk yang gunakan tidak diformat untuk sistem operasi yang kamu pakai di laptop/komputer.

Lakukan update driver hardisk

update driver untuk mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca

Jika masalah driver yang menyebabkan hardisk tidak terbaca, biasanya akan dibarengi dengan adanya bunyi ketika kamu menghubungkannya ke laptop. Jika ini yang terjadi, begini cara mengatasinya.

  1. Jalankan Device Manager
  2. Jika kamu dapati hardisk terdapat tanda seru berwarna kuning, maka klik kanan hardisk tersebut kemudian pilih Properties
  3. Pilih tab Driver, kemudian klik Update Driver
  4. Restart laptop, tunggu proses booting dan biasanya hardisk eksternal yang tadinya tidak terbaca akan kembali normal

Bersihkan hardisk

bersihkan hardisk yang tidak bisa terbaca oleh laptop

Pada beberapa kasus, hardisk masih bisa terdeteksi di Disk Management, hanya saja tidak bisa digunakan. Hal tersebut biasanya terjadi karena hardisk eksternal terkena virus/malware.

Tapi perlu kamu garis bawahi, cara ini akan menghapus seluruh data yang ada di hardisk eksternal kamu. Jika kamu sudah siap untuk kehilangan data, berikut cara membersihkan hardisk eksternal tidak terbaca.

  1. Ketikkan ‘diskpart’ pada search bar, kemudian tekan Enter
  2. Pada jendela yang muncul, ketikkan lagi ‘list disk’ kemudian tekan Enter
  3. Catat nama perangkat hardisk yang terdeteksi, misal disk 1
  4. Setelah itu ketikkan perintah ‘select disk 1’ kemudian tekan Enter
  5. Terakhir ketikkan perintah ‘clean’ kemudian Enter

Tunggu proses pembersihan hardisk sampai selesai. Setelah kamu melakukan langkah diatas, coba lepaskan hardisk dari laptop kemudian pasang kembali. Semoga hardisk nya sudah terbaca kembali.

Ganti letter hardisk

Seperti yang kita ketahui bersama, ketika hardisk eksternal disambungkan ke laptop, maka akan muncul sebuah huruf/letter, bisa G: H: dan lain-lain. Salah satu penyebab hardisk eksternal tidak bisa terbaca biasanya disebabkan oleh masalah ini.

Cara mengatasinya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Disk Management
  2. Pilih drive hardisk eksternal, kemudian klik Change Drive Letter and Path
  3. Pilih Add atau Change
  4. Kemudian ikuti petunjuk berikutnya sampai selesai

Sebagai catatan, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi hardisk eksternal yang not initialized.

Demikian beberapa cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca, semoga apa yang kami sampaikan bisa membantumu keluar dari masalah yang kini sedang dihadapi. Jangan lupa juga baca konten lainnya dari kategori PC/Laptop.

Leave a Reply