Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak dan Cara Mengatasinya

Kursor laptop tidak bergerak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya sangatlah menjengkelkan. Apalagi kalau tugas atau pekerjaan sedang padat-padatnya, dan tidak punya mouse atau karena touchpad rusak.

Kenapa kursor laptop tidak bergerak atau hilang?

Penyebab kursor laptop tidak bergerak, hilang atau freeze, biasanya disebabkan oleh sistem operasi yang bermasalah, ada hardware/software yang rusak atau driver touchpad sudah tidak kompatibel lagi.

Untuk masalah driver touchpad yang bermasalah, silahkan baca di artikel Cara Memperbarui Driver Touchpad Laptop Lenovo, HP, Asus, Dell, Acer yang sudah kami tulis sebelumnya.

Adapun untuk mengatasi masalah kursor laptop tidak bergerak, silahkan ikuti dulu langkah-langkah di bawah ini.

Cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak

Restart laptop

Seringkali masalah-masalah seperti laptop lemot, sistem operasi tidak merespon, kursor hilang dan lain-lain bisa selesai dengan cara melakukan restart laptop. Dengan cara ini laptop akan memulai ulang semua program yang sebelumnya bermasalah.

Bersihkan kotoran di touchpad

Minyak dan kotoran dari jari jemari yang menumpuk di touchpad seringkali menyebabkan masalah, salah satunya adalah kursor jadi hilang atau tidak mau bergerak.

Maka coba bersihkan dulu touchpad laptop dengan kain mikrofiber, kuas atau alat pembersih laptop lainnya. Bisa jadi ada tumpukan debu yang mengganggu kinerja touchpad, sehingga menyebabkan kursor laptop tidak bisa bergerak.

Putuskan perangkat yang tersambung

Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak dan Cara Mengatasinya
Photo by Azamat Esenaliev on Pexels.com

Jika kamu menggunakan mouse eksternal coba lepas dulu sambungannya, kemudian sambungkan ulang.

Cara ini terbukti sangat efektif untuk mengatasi kursor laptop tidak bergerak atau masalah perangkat eksternal lainnya, baik itu yang terjadi pada keyboard, speaker, atau kamera laptop.

Cek pengaturan touchpad

Cek pengaturan touchpad
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Ini adalah kasus yang biasanya paling sering terjadi, tanpa sadar kamu telah mematikan fungsi touchpad dengan menekan tombol Fn, sehingga wajar kalau kursor laptop tidak bergerak karena touchpad nya mati.

Untuk memastikannya, silahkan ikuti langkah-langkah cara mengaktifkan touchpad laptop di bawah ini.

  1. Ketikkan “Mouse atau touchpad” di kolom search bar
  2. Klik menu pengaturan mouse atau touchpad
  3. Pilih tab Device Options pada Touchpad
  4. Jika statusnya “Disabled” ganti jadi “Enabled” untuk mengaktfikannya

Perbarui driver touchpad

Nah, jika semua langkah diatas masih belum berhasil membuat kursor laptop bisa bergerak lagi. Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan cara memperbarui driver touchpad.

Bisa jadi driver touchpad yang sekarang sudah tidak kompatibel lagi dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

Untuk melakukan update driver touchpad, panduannya sudah kami tulis di artikel sebelumnya dengan judul Cara Memperbarui Driver Touchpad Laptop Lenovo, HP, Asus, Dell, Acer.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai, tolong bagikan juga artikel ini ke saudara atau teman lainnya, siapa tau mereka juga butuh, dengan cara menekan tombol FB, Twitter atau WhatsApp di bawah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like