Cara membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7

5 Cara Ampuh Membersihkan File Sampah Windows 10/8/7

Membersihkan file sampah Windows 10/8/7 sangatlah penting untuk dilakukan, supaya peforma Windows menjadi lebih maksimal dan tidak lemot.

Buat yang belum tahu apa itu file sampah, file sampah adalah file semua file yang sudah tidak berguna lagi. Seperti cache, leftover dari aplikasi yang sudah terhapus, temporary file, registry entry, residual file dari versi Windows sebelumnya dan lain-lain.

Membersihkan file sampah ini juga merupakan salah satu cara untuk mempercepat Windows 10, 8 dan 7 yang patut kamu coba supaya laptop/komputer jadi ngebut.

5 cara ampuh membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7

Gunakan fitur Storage sense pada Windows 10

membersihkan file sampah Windows 10 melalui fitur storage sense

Membersihkan file sampah Windows 10 bisa kamu lakukan tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Karena di Windows 10 ada yang namanya fitur Storage sense.

Storage sense ini berfungsi untuk membersihkan file-file sampah yang ada, kalau di versi Windows sebelumnya (Windows 8 dan 7) namanya Disk Cleanup.

Jika kamu mengaktifkan fitur ini, sistem akan secara otomatis membersihkan file sampah yang ada di Windows 10 secara berkala sesuai dengan jadwal yang sudah kamu tentukan.

FYI, Storage sense ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat kinerja Windows 10 loh, coba saja kalau ngga percaya.

Cara mengaktifkan dan menggunakan Storage sense

  1. Klik icon Windows
  2. Pilih Settings (gambar gerigi)
  3. Pilih Storage
  4. Klik Configure Storage Sense or run it now
  5. Klik On pada bagian Storage sense
  6. Pilih jadwal pembersihan
  7. Centang Delete temporary files that my apps aren’t using
  8. Pilih rentang durasinya
  9. Scroll ke bawah kemudian klik Clean now
  10. Tunggu prosesnya sampai selesai

Storage sense ini sangat efektif untuk membersihkan file sampah Windows 10 dan hanya butuh sekali setting saja untuk selamanya. Mudah bukan? Silahkan coba dan rasakan bedanya.

Gunakan fitur Disk Cleanup bawaan Windows

Cara membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7 menggunakan Disk Cleanup

Fitur Disk Cleanup ini sudah ada sejak Windows 7, 8 dan masih eksis juga di Windows 10 yang sekarang ini. Fitur ini cukup efektif untuk membersihkan file sampah yang ada di hard disk, baik drive C, D, dan lainnya.

Buat kamu yang enggan install aplikasi tambahan seperti CCleaner atau yang lainnya, menggunakan fitur ini sudah cukup mumpuni untuk membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7.

Cara membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7 menggunakan Disk Cleanup

  1. Jalankan aplikasi Disk Cleanup
  2. Pilih Drive yang mau kamu bersihkan file sampahnya
  3. Pilih jenis file sampah apa saja yang ingin dibersihkan
  4. Klik Clean up system files
  5. Klik OK

Salah satu keunggulan dari Disk Cleanup adalah bisa mendeteksi file-file sisa log dan update Windows yang pernah kamu lakukan.

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, ukuran file sampahnya cukup besar, bahkan jika ada major update file sampahnya bisa lebih besar dari itu.

Selain itu, fitur Disk Cleanup sangat aman untuk digunakan tanpa takut ada error. Kombinasi Disk Cleanup dan Storage sense kami rasa sudah cukup powefull untuk membersihkan file sampah yang ada di Windows 10.

Gunakan aplikasi CCleaner

Cara membersihkan file sampah Windows 10 yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang bernama CCleaner. Silahkan download disini jika belum punya.

Sejauh ini CCleaner merupakan salah satu aplikasi cleaner PC terbaik untuk Windows. Aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur yang cukup lengkap, mulai dari membersihkan cache, temporary file, system registry dan lain-lain.

Cara membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7 menggunakan CCleaner

  1. Tutup semua aplikasi, khususnya browser yang aktif
  2. Jalankan aplikasi CCleaner
  3. Pilih tab Easy Clean
  4. Klik Analyze dan tunggu prosesnya sampai selesai
  5. Setelah selesai akan muncul daftar file sampah yang bisa bersihkan
  6. Klik tombol Clean All dan tunggu prosesnya sampai selesai

Kamu juga bisa menggunakan menu Custom Clean untuk membersihkan file sampah pada browser atau aplikasi tertentu yang kamu inginkan.

Fitur lainnya adalah Registry Cleaner yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan System Registry. Tapi harus hati-hati jika ingin menggunakan fitur ini. Pastikan kamu sudah backup data terlebih dulu sebelum melakukannya.

Selain itu, CCleaner juga punya fitur Software Uninstaller dan Updater yang bisa kamu gunakan untuk uninstall aplikasi atau cek ada update aplikasi atau tidak.

Serta ada fitur Duplicate Finder yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan apakah ada file ganda atau tidak, untuk kemudian dibersihkan.

Gunakan aplikasi Total PC Cleaner

Total PC Cleaner merupakan salah satu aplikasi untuk membersihkan file sampah paling ringan yang bisa kami rekomendasikan.

Aplikasi gratisan ini sangat efektif untuk membersihkan file sampah Windows 10, tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan, sangat cocok sekali buat kamu yang ngga mau ribet.

Cara membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7 menggunakan Total PC Cleaner

  1. Jika belum punya, install dulu Total PC Cleaner dari Microsoft Store
  2. Jalankan aplikasi Total PC Cleaner
  3. Klik Star Scan dan tunggu prosesnya sampai selesai
  4. Setelah selesai, pilih file sampah yang ingin dibersihkan
  5. Kemudian klik tombol Clean

Total PC Cleaner bisa kamu gunakan untuk membersihkan semua jenis file sampah yang ada di aplikasi, email ataupun browser.

Saat melakukan scanning, aplikasi ini juga akan mendeteksi semua file yang ada di folder Download sebagai file sampah. Oleh karena itu, jangan centang bagian Download jika masih ada file yang kamu butuhkan disana.

Gunakan aplikasi Revo Uninstaller

Untuk membersihkan file sampah Windows 10, khususnya dari sisa aplikasi yang sudah terhapus, sejauh ini Revo Uninstaller masih yang terbaik dibandingkan dengan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Ketika kamu meng-uninstall aplikasi, tidak semua file dari aplikasi tersebut akan benar-benar terhapus dari sistem alias masih ada leftover files dan registry entry yang nyangkut di sistem.

Cara membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7 menggunakan Revo Uninstaller

  1. Install aplikasi Revo Uninstaller Pro (berbayar)
  2. Jalankan aplikasi Revo Uninstaller
  3. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus
  4. Klik Uninstall
  5. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela uninstall, kemudian pilih Yes
  6. Pada jendela scan leftover files pilih Advanced
  7. Klik Next dan ikuti petunjuk selanjutnya
  8. Hapus semua file sampah dan registry entry yang ditinggalkan oleh aplikasi yang kamu hapus

Selain fitur diatas, ada beberapa fitur lain yang bisa kamu manfaatkan dari aplikasi ini, diantaranya;

  • Windows tools ~ sebuah shortcut yang bisa kamu gunakan untuk mengakses administrator di Windows
  • Evidence remover ~ sebuah fitur yang bisa kamu gunakan untuk menghapus jejak digital dari hard disk
  • Unrecoverable delete ~ fitur yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file tanpa bekas, sehingga file tersebut tidak bisa kamu kembalikan lagi. Mirip dengan fitur delete permanent yang ada di Recycle bin
  • Backup manager ~ fitur yang bisa kamu gunakan untuk backup data
  • Autorun manager ~ fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengatur program apa saja yang berjalan pada startup. Mirip dengan task manager bawaan Windows

Itulah cara membersihkan file sampah Windows 10, 8 dan 7 yang bisa kamu coba. Mau pakai fitur bawaan Windows bisa, mau pakai aplikasi pihak ketiga juga bisa. Tapi pastikan aplikasi yang kamu gunakan adalah aplikasi original bukan hasil crack.

Sekian, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar di bawah jika ada yang ingin ditambahkan.

Leave a Reply