Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka Begini Cara Mengatasinya

Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang biasanya dihadapi oleh pengguna Windows 10 dan 8 adalah Microsoft Store tidak bisa dibuka. Penyebabnya pun beragam, mulai dari setelah install ulang, update Windows, bahkan secara tiba-tiba.

Kalau sudah gini kan bingung harus ngapain. Tenang, pada artikel kali ini barstow akan membagikan tips untuk mengatasi Microsoft Store yang tidak mau terbuka, atau tidak merespon sama sekali.

Kenapa Microsoft Store tidak mau terbuka?

Ada beberapa penyebab Microsoft Store tidak bisa dibuka, selain yang sudah kita singgung sedikit diatas. Bisa karena DNS dan IP address terkena blok, cache yang korup, atau pengaturan region yang kamu pake dibatasi oleh Microsoft, hingga terjadi kerusakan pada file sistem.

Selain yang kami sebutkan diatas, mungkin masih ada lagi yang menyebabkan Microsoft Store tidak mau terbuka. Dan untuk mengetahui penyebab pastinya bukanlah perkara yang mudah, apalagi kalau terjadi secara tiba-tiba.

Meskipun begitu, kami sarankan untuk tidak buru-buru melakukan install ulang laptop, baiknya kamu baca dulu artikel ini sampai selesai. Siapa tau bisa menyelesaikan masalah yang kamu alami.

Cara mengatasi Microsoft Store tidak bisa dibuka

Cara mengatasi Microsoft Store tidak bisa dibuka

Beberapa cara ini insyaallah bisa membantu menyelesaikan masalah Microsoft Store tidak mau terbuka. Adapun jika sudah melakukan semua cara di bawah masih belum bisa, kami sarankan untuk melakukan roll back menggunakan System Restore Point atau install ulang sekalian.

Hapus local cache

Buat yang belum tahu apa itu local cache. Local cache adalah tempat dimana file-file sementara dari aplikasi disimpan. Sama halnya dengan cache yang ada pada browser atau aplikasi lainnya yang memungkinkan kita untuk mempercepat loading ketika kita ingin menjalankan aplikasi tersebut.

Namun pada kondisi tertentu, cache juga bisa menyebabkan error pada aplikasi. Kalau dalam dunia digital, disebutnya sebagai ‘bad cache‘.

Jika tiba-tiba Microsoft Store tidak bisa dibuka atau tidak merespon sama sekali, padahal sebelumnya normal-normal saja. Menghapus local cache adalah langkah awal yang masuk akal untuk dilakukan sebelum mencoba cara lainnya.

Cara menghapus local cache

  1. Buka Windows Explorer atau File Explorer
  2. Masuk ke direktori C:\Users\Username_Kamu\AppData\Local\Packages\Microsoft.WindowsStore_8wekyb3d8bbwe\LocalCache (Bagian ‘Username_Kamu’ sesuaikan dengan username yang kamu pakai di laptop/komputer)
  3. Kemudian hapus file dan folder yang ada di dalamnya

Jika sudah, sekarang coba kamu buka Microsoft Store. Jika penyebabnya local cache, seharusnya sudah bisa dibuka. Jika belum mari kita coba cara selanjutnya.

Gunakan Troubleshooter

Troubleshooter adalah fitur andalan yang bisa kamu gunakan jika terjadi error pada Windows tapi tidak tahu apa penyebabnya.

Cara kerja fitur ini adalah mendeteksi sumber masalah yang ada dan memberikan rekomendasi cara melakukan perbaikan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Terlebih untuk mengatasi masalah error yang terjadi pada Microsoft Store yang tidak mau terbuka. Karena Windows sudah menyediakan fitur khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara menggunakan Troubleshooter Windows Store Apps

  1. Buka menu Settings (gambar gerigi)
  2. Pilih Update & Security
  3. Pada panel sebelah kiri pilij Troubleshooter
  4. Scroll bawah, klik Additional troubleshooters
  5. Scroll bawah lagi, klik Windows Store Apps
  6. Klik Run the troubleshooter

Tunggu proses scaning sampai selesai. Jika sudah selesai Windows akan memberikan keterangan masalah apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Ganti DNS address

Dalam beberapa kasus Miscrosoft Store tidak bisa dibuka, penyebabnya bisa jadi karena koneksi internet yang gagal terhubung dengan server Microsoft. Oleh karena itu, mengganti DNS address bisa untuk mengatasinya.

Karena berdasarkan pengalaman, kebanyakan provider internet lokal memiliki koneksi yang buruk ke server Microsoft.

Jika masalahnya karena koneksi yang gagal, biasanya akan muncul notifikasi ‘Try that again. Page could not be loaded. Please try again later’. Dan begini cara mengatasinya.

Cara mengganti DNS address

  1. Masuk Control Panel
  2. Pilih Network and Internet
  3. Pilih Network and Sharing Center
  4. Pada panel sebelah kiri, pilih Change adapter settings
  5. Klik kanan pada koneksi yang kamu gunakan, pilih Properties
  6. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), klik Properties
  7. Scroll bawah, kemudian pilih Use the following DNS server address
  8. Pada kolom Preferred DNS server isi dengan 1.1.1.1
  9. Pada kolom Alternate DNS server isi dengan 1.0.0.1
  10. Klik OK

Jika sudah, tutup semua jendela pengaturan yang terbuka. Kemudian coba lagi membuka Microsoft Store. Jika masih belum bisa, coba kamu restart dulu laptopnya dan coba lagi jika udah nyala.

Reset cache dan servis menggunakan WSreset

Jika dari beberapa cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah Microsoft Store tidak mau terbuka, maka kamu perlu mencoba untuk melakukan reset.

Fitur bawaan Windows yang satu ini memiliki fungsi untuk membersihkan semua cache Microsoft Store kemudian memuat ulang services yang terkait.

Melakukan WSreset merupakan salah satu solusi yang paling bisa diandalkan untuk mengatasi Miscrosoft Store tidak terbuka, tidak merespon atau loading terus menerus.

Cara melakukan WSreset

  1. Tekan tombol Windows+R pada keyboard bersamaan
  2. Ketikkan wsreset.exe
  3. Klik OK

Tunggu proses reset otomatis sampai selesai. Proses reset selesai ditandai dengan tertutupnya jendela Command Prompt. Sekarang kamu bisa coba buka Microsoft Store lagi.

Ganti pengaturan tanggal dan region

Pastikan settingan date and region sudah sesuai dengan negara dimana kamu tinggal, jika tidak sesuai biasanya akan gagal memuat beberapa aplikasi, salah satunya adalah Microsoft Store.

Cara mengganti tanggal dan negara

  1. Masuk menu Settings
  2. Pilih Time & Language
  3. Aktifkan Set time automatically dan Set time zone automatically
  4. Pada panel sebelah kiri pilih Region
  5. Pilih negara dimana kamu tinggal, pilih bahasa sesuai keinginan kamu

Jika sudah, tutup jendela pengaturan. Kemudian coba buka lagi Microsoft Store, apakah sudah mau terbuka atau belum. Dalam beberapa kasus, cara ini bisa berhasil. Bagaimana dengan kamu?

Satu lagi, jika kamu ingin download aplikasi tertentu tapi tidak bisa. Coba ganti region ke United States, kemudian silahkan download aplikasi tersebut.

Reset Microsoft Store

Jika semua cara yang sudah kita bahas diatas masih belum bisa untuk mengatasi Microsoft Store tidak bisa dibuka, mungkin kamu harus mencoba cara yang satu ini.

Yaitu dengan melakukan reset Microsoft Store, reset yang akan kamu lakukan ini nantinya akan menghapus semua app data, cache, pengaturan serta informasi akun. Jadi, kamu harus login ulang setelah melakukan reset.

Cara melakukan reset Microsoft Store

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih Apps
  3. Cari Microsoft Store pada bagian Apps & features
  4. Pilih Microsoft Store, kemudian klik Advanced options
  5. Klik Reset, kemudian klik Reset lagi pada jendela yang muncul

Tunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah, buka lagi Microsoft Store kemudian login dengan akun yang kamu miliki. Bagaimana, apakah sudah mau terbuka atau belum? Jika belum mari ke langkah selanjutnya.

Matikan proxy dan VPN (jika ada)

Sebenarnya cara ini hanya buat kamu yang menggunakan proxy dan VPN. Karena pengaturan proxy yang salah bisa menyebabkan Microsoft Store tidak bisa dibuka, karena laptop tidak bisa terhubung ke server Microsoft Store.

Cara mematikan proxy dan VPN

  1. Masuk menu Settings
  2. Pilih Network & Internet
  3. Pada panel sebelah kiri pilih Proxy
  4. Matikan proxy dengan cara klik Use a proxy server menjadi Off
  5. Selanjutnya pilih VPN pada panel sebelah kiri
  6. Pilih koneksi VPN yang mau dimatikan
  7. Klik Remove

Jika sudah, tutup jendela pengaturan dan buka lagi Microsoft dengan mengunakan koneksi lain. Bagaimana, apakah Microsoft Store masih tidak bisa dibuka? Kalau iya, mari ke cara selanjutnya.

Update Windows

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan update Windows. Salah satunya adalah untuk memperbaiki bug dan juga security patch baru.

Bisa jadi, masalah Microsoft Store tidak bisa dibuka yang kamu alami disebabkan oleh bug dari Microsoft itu sendiri. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan update.

Cara update Windows 10

  1. Masuk menu Settings
  2. Pilih Update & Security
  3. Klik tombol Check for updates

Tunggu prosesnya sampai selesai, kemudian restart laptop untuk menerapkan update yang baru saja dilakukan. Jika laptop sudah menyala lagi, coba kamu buka Microsoft Store, dan semoga saja bisa.

Perbaiki file system yang rusak

Windows memiliki fitur bawaan bernama System File Checker (SFC) yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kerusakan pada file sistem yang mungkin terjadi, kemudian memperbaikinya.

Cara memperbaiki file system rusak

  1. Ketikkan ‘cmd’ pada search yang ada di taskbar
  2. Klik Run as administrator
  3. Ketikkan sfc /scannow pada command prompt

Tunggu prosesnya sampai selesai. Pada jendela command prompt kamu juga akan melihat file system rusak yang berhasil terdeteksi dan diperbaiki.

Jika sudah selesai tutup command prompt, kemudian coba lagi Microsoft Store dan lihat apakah cara ini berhasil atau tidak. Pada kebanyakan kasus, cara ini ampuh untuk mengatasi Microsfot Store tidak bisa dibuka.

Ubah Network profiles permission

Jika kamu mendapati Microsoft Store tidak bisa dibuka dengan notifikasi ‘connection error’, maka cara ini wajib kamu lakukan supaya Microsoft Store bisa dibuka lagi.

Cara mengubah Network profiles permission

  1. Tekan tombol Windows+R pada keyboard bersamaan
  2. Ketikkan regedit pada jendela yang muncul
  3. Klik OK

Tunggu beberapa saat sampai program Registry Editor terbuka, kemudia masuk ke direktori seperti berikut ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\NetworkList\Profiles
  1. Klik kanan pada folder Profiles, pilih Permissions
  2. Kemudian kilk Advanced
  3. Centang Replace all child object permission entries with inheritable permission entries from this object
  4. Klik OK

Jika sudah tutup semua jendela yang alktif, kemudian lakukan restart untuk menerapkan perubahan yang baru saja dilakukan. Tunggu laptop menyala, kemudian buka lagi Microsoft Store. Kalau masih belum bisa, mari coba cara selanjutnya.

Tukar Ownership folder WindowsApp

Semua aplikasi yang kamu install dari Microsoft Store akan disimpan oleh Windows dalam sebuah folder yang bernama WindowsApps. Tapi folder ini dibatasi, dan hanya bisa diakses oleh ownership.

Jadi, ketika kamu mengakses Microsoft Store menggunakan user yang tidak memiliki akses ke WindowsApps, maka Windows Store tidak bisa dibuka.

Cara tukar Ownership folder WindowsApps

  1. Buka Windows Explorer atau File Explorer
  2. Masuk ke direktori C:\Program Files
  3. Pilih menu View (pojok kiri atas)
  4. Centang Hidden items
  5. Klik kanan folder WindowsApps, pilih Properties
  6. Pada jendela WindowsApps Properties pilih tab Security
  7. Klik Advanced
  8. Klik Change pada bagian Owner
  9. Tuliskan username kamu pada kolom yang disediakan, kemudian Check Names
  10. Centang Replace owner on subcontainers and objects pada jendela yang muncul
  11. Klik Apply kemudian OK

Jika sudah tutup semua jendela pengaturan, kemudian coba buka lagi Microsoft Store yang tadinya tidak bisa dibuka. Jika masih belum bisa, mari coba cara selanjutnya.

Register ulang Microsoft Store dengan Powershell

Jika semua cara mengatasi Microsoft Store tidak bisa dibuka yang sudah kita bahas di atas masih belum menyelesaikan masalah yang ada. Mari kita coba cara yang ini.

Cara re-register dengan Powershell

  1. Klik panan pada icon Windows
  2. Pilih Windows PoweShell (Admin)
  3. Copy paste perintah di bawah ini
“& {$manifest = (Get-AppxPackage Microsoft.WindowsStore).InstallLocation + ‘\AppxManifest.xml’ ; Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $manifest}”

Untuk melakukan paste di PowerShell cukup klik kanan aja pada jendela PowerShell

  1. Tekan Enter

Tunggu sampai prosesnya selesai, kemudian tutup jendela Windows PowerShell dan coba buka lagi Microsoft Store. Apakah sudah bisa atau belum?

Install ulang Microsoft Store

Jika sudah pada cara yang satu ini, berarti masalah yang kamu hadapi bisa dibilang cukup serius. Masalahnya, Microsoft Store tidak bisa di uninstall dengan cara yang biasa layaknya aplikasi lain.

Jadi harus ada usaha ekstra untuk menyelesaikannya, yaitu dengan bantuan Windows PowerShell lagi.

Cara uninstall Microsoft Store

  1. Klik kanan icon Windows
  2. Pilih Windows PowerShell (Admin)
  3. Ketikkan perintah di bawah ini
get-appxpackage -allusers
  1. Lalu Enter

Hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini, kemudian temukan baris dengan nama Microsoft.WindowsStore

  1. Copy semua informasi pada bagian informasi PackageFullName
  2. Masih pada Windows PowerShell, ketikkan perintah berikut
remove-appxpackage <spasi> informasi PackageFullName yang tadi kamu copy

Kalau bingung, perintah diatas akan nampak seperti di bawah ini.

remove-appxpackage Microsoft.WindowsStore_11910.1002.5.0_x64__8wekyb3d8bbwe
  1. Kemudian tekan Enter untuk menjalankan perintah

Tunggu proses uninstall Microsoft Store sampai selesai. Jika sudah silahkan restart laptop untuk menerapkan perubahan yang dilakukan tadi. Setelah laptop menyala, saatnya kita install ulang Microsoft Store nya.

Cara install ulang Microsoft Store

  1. Klik kanan icon Windows
  2. Pilih Windows PowerShell (Admin)
  3. Ketikkan perintah di bawah ini, atau copy paste saja biar gampang
Add-AppxPackage -register “C:\Program Files\WindowsApps\Microsoft.WindowsStore_11804.1001.8.0_x64__8wekyb3d8bbwe\AppxManifest.xml” –DisableDevelopmentMode
  1. Tekan Enter

Tunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah, coba jalankan Microsoft Store, harusnya sudah bisa dibuka sekarang.

Jika semua cara di atas sudah dilakukan tapi masalah Microsoft Store tidak bisa dibuka masih belum terselesaikan, saatnya menuju cara yang berikut ini.

Reset Windows

Kalau sudah dalam kondisi seperti ini, harusnya solusi yang paling memungkinkan hanya ada tiga dengan segala resikonya.

Pertama, melakukan roll back dimana Windows masih dalam keadaan baik-baik saja, tapi syaratnya harus membuat System Restore Point dulu (ini agak mustahil dilakukan kalau belum punya System Restore Point).

Kedua, melakukan install ulang laptop. Hanya saja, cara yang kedua ini akan membuatmu kehilangan segala yang ada dalam laptop, baik itu aplikasi maupun data yang ada (kalau tidak di back-up terlebih dulu).

Ketiga, melakukan reset Windows. Fitur reset Windows sama halnya dengan fitur reset factory yang ada di smartphone, semua aplikasi pihak ketiga yang sudah terinstall, pengaturan serta informasi akan hilang alias terhapus. Tetapi data-data yang kamu miliki, seperti dokumen-dokumen dan beberapa hal lainnya masih tetap aman.

Dan, solusi paling memungkinkan untuk diambil untuk menyelesaikan masalah Microsoft Store tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan reset Windows, karena memiliki resiko yang sangat rendah.

Untuk melakukan reset Windows, kamu bisa membaca artikel cara reset Windows 10, 8 dan 7 yang sudah barstow siapkan khusus buat kamu yang membutuhkan.

Itulah beberapa cara mengatasi Microsoft Store tidak bisa dibuka yang bisa kami sampaikan, jika ada yang ingin menambahkan cara lain silahkan sampaikan saja di kolom komentar.

Leave a Reply