Pengertian Komputer dan Komponen Pendukungnya

Pengertian Komputer dan Komponen Pendukungnya

Pengertian komputer adalah perangkat yang dapat diprogram untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data . Istilah “komputer” pada awalnya diberikan kepada manusia ( human computer ) yang melakukan perhitungan numerik dengan menggunakan kalkulator mekanik. Istilah tersebut kemudian diberikan kepada perangkat mekanis yang menggantikan komputer manusia.

Sedangkan pengertian komputer saat ini, adalah perangkat elektronik yang menerima data ( input ), memproses data tersebut, dan menyimpannya atau yang dikenal dengan IPOS (Input, Processing, Output, and Storage).

Sejarah Komputer

sejarah komputer
Photo by Josh Sorenson on Pexels.com

Semua berawal dari ENIAC yang merupakan komputer digital pertama di dunia yang dibuat selama masa perang dunia II (1943-1946) untuk membantu mengotomatisasi perhitungan yang dilakukan oleh manusia.

Komputer pertama, seperti ENIAC menggunakan tabung vakum dan berukuran besar (terkadang ukurannya sampai satu ruangan) dan hanya digunakan untuk keperluan bisnis, universitas, atau pemerintah.

Kemudian, komputer mulai menggunakan transistor dan komponen yang lebih kecil dan lebih murah yang memungkinkan orang biasa bisa memiliki komputer.

Fungsi Komputer

Komputer digunakan untuk melakukan pekerjaan yang dulunya rumit menjadi lebih sederhana. Misalnya, untuk menulis surat atau dokumen yang memungkinkan untuk mengeditnya kapan saja, memeriksa ejaannya, mencetak salinannya, dan mengirimkannya ke seseorang di seluruh dunia dalam hitungan detik.

Semua kegiatan ini akan memakan waktu berhari-hari, bahkan bisa berbulan-bulan, untuk dilakukan seseorang sebelumnya. Contoh diatas adalah sebagian kecil dari apa yang dapat dilakukan komputer.

Komponen Penyusun Komputer

jenis-jenis komponen komputer
Photo by Dan Cristian Pădureț on Pexels.com

Komponen komputer yang dikenal dengan hardware ada banyak sekali jenisnya. Tapi tidak semua komponen masih digunakan sampai sekarang, misal floppy disk, dan zip drive yang merupakan teknologi lama dan sudah tidak relevan dengan kemajuan teknologi zaman sekarang.

  1. Case atau casis digunakan untuk merakit komponen komputer
  2. Kipas casis digunakan untuk mendinginkan perangkat komputer yang di dalam casis
  3. Optikal drive; CD-ROM, CD-R, CD-RW atau DVD. Namun tidak semua komputer zaman sekarang memiliki komponen ini
  4. CPU (Central Processor Unit) komponen ini merupakan otak dari sebuah komputer
  5. Hard drive atau hard disk digunakan sebagai ruang penyimpanan pada komputer
  6. Keyboard digunakan untuk melakukan input data ke komputer
  7. RAM (Random Access Memory) sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam informasi yang tersimpan dalam komputer
  8. Mikropon berfungsi sebagai audio input
  9. Monitor atau LCD merupakan perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan program komputasi secara visual
  10. Motherboard merupakan papan sirkuit yang menghubungkan berbagai macam komponen komputer menjadi sebuah kesatuan program yang utuh
  11. Mouse berfungsi sebagai penunjuk atau pointer
  12. Network card berfungsi untuk menangkap jaringan internet
  13. Power supply digunakan untuk penampung sumber daya listrik yang digunakan untuk menyalakan semua komponen komputer yang ada di dalam chasis
  14. Printer sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak dokumen
  15. Sound card adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mengolah suara
  16. Speakers merupakan perangkat komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara yang sudah diproses oleh sound card

Komponen Penting dalam Komputer

Komponen Penting dalam Komputer
Photo by Valentine Tanasovich on Pexels.com

Sebuah komputer sebenarnya tidak membutuhkan semua komponen di atas untuk bisa bekerja. Tapi jika tidak ada komponen di bawah ini, sudah dipastikan komputer tidak akan bisa berfungsi.

Processor

Atau yang kita kenal dengan CPU merupakan komponen penting yang harus ada di komputer. Fungsinya adalah untuk melakukan eksekusi perintah dari software dan hardware. Bisa dibilang otaknya komputer.

Memory

Memory yang dimaksud disini adalah RAM yang merupakan penyimpan data temporer yang digunakan untuk menyampaikan perintah ke CPU.

Motherboard

Adalah sebuah papan sirkuit yang menghubungkan semua komponen komputer menjadi satu kesatuan agar bisa digunakan untuk menjalankan perintah komputasi.

Penyimpanan

Komponen ini digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Biasanya digunakan untuk menginstall sistem operasi seperti Windows, Linux dan MacOS. Serta beberapa software pendukung lainnya yang sifatnya opsional tergantung kebutuhan.

Jenis-jenis Komputer

Jenis-jenis Komputer
Photo by Mateusz Dach on Pexels.com

Setidaknya ada 3 klasifikasi jenis komputer yang ada di dunia ini. Pertama general purpose computer, kedua special purpose computer dan yang ketiga specialized computer.

  • General purpose computer, merupakan jenis komputer yang paling banyak digunakan dan mungkin kamu adalah salah satu penggunanya.
  • Special purpose computer, komputer jenis ini biasanya digunakan untuk kepentingan tertentu, misal untuk mesin ATM, TV dan perangkat elektronik lainnya.
  • Specialized computer, jenis komputer yang satu ini hanya digunakan untuk satu jenis komputasi saja. Misal digunakan untuk server dan juga industri gaming.

Demikian pengertian komputer dan segalam komponen yang menyusunnya. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, tolong bagikan ke teman atau sodara yang membutuhkan ya. Caranya cukup klik saja tombol Facebook, Twitter atau WhatsApp dibawah.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai dan membagikannya.

Kasih Tau Temen Kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.