Penyebab Laptop Mati Sendiri

8 Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Pernah mengalami laptop mati sendiri secara tiba-tiba? Ada beberapa kemungkinan kenapa hal tersebut bisa terjadi, mulai dari karena kepanasan (overheat) atau bisa juga karena kerusakan pada hardware-nya.

Jika kamu pernah mengalami laptop tiba-tiba mati sendiri atau bahkan sering, maka kamu perlu mewaspadainya. Karena bisa jadi telah terjadi kerusakan yang serius pada laptop.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui alasan kenapa laptop mati sendiri sedini mungkin, agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Misal laptop tidak bisa digunakan lagi.

Penyebab laptop mati sendiri dan cara mengatasinya

Laptop terlalu panas (overheat)

Kebanyakan kasus laptop yang tiba-tiba mati sendiri disebabkan oleh laptop yang terlalu panas karena penggunaan laptop yang terlalu berlebihan, menempatkan laptop di ruangan dengan suhu tinggi, serta meletakkan laptop di atas benda yang mudah panas.

Kenapa laptop/pc mati sendiri ketika kepanasan? Dalam laptop/pc terdapat sebuah benda yang bernama heat sink dan kipas yang berfungsi untuk menjaga suhu CPU tetap dingin. Tetapi, jika CPU terlalu panas karena beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, secara otomatis laptop/pc akan mati sendiri agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Cara mengatasi laptop/pc yang sering overheat adalah dengan memeriksa kipas heat sink masih berfungsi dengan baik atau tidak, ada kotoran yang menghambat putaran kipas atau tidak, jika iya maka kamu perlu membersihkannya. Atau bisa juga dengan membeli aksesoris pendingin laptop yang banyak dijual di marketplace.

Terjadi kerusakan atau kegagalan hardware

kerusakan atau kegagalan hardware menyebab Laptop Mati Sendiri

Penyebab laptop mati sendiri yang paling umum lainnya adalah dikarenakan adanya kegagalan perangkat keras. Biasanya terjadi karena penggantian hardware yang ternyata tidak kompatibel dengan perangkat lainnya. Atau terjadi kerusakan pada hardware.

Jika masalah ini yang kemungkinan menyebabkan laptop kamu mati sendiri, maka kamu tidak bisa menyelesaikannya sendiri, kamu perlu pergi ke tukang servis laptop/pc untuk mengetahui komponen mana yang mengalami kerusakan atau tidak kompatibel.

Terjadi kerusakan pada RAM

kerusakan pada RAM menyebab Laptop Mati Sendiri

Kerusakan pada RAM bisa menyebabkan berbagai macam masalah pada laptop/pc, diantaranya laptop jadi berhenti bekerja, tiba-liba laptop mati sendiri dan lainnya.

Biasanya hal tersebut akan terjadi jika kita membuka aplikasi atau game yang membutuhkan banyak memori, kemudian laptop akan nge-freeze atau bahkan tiba-tiba mati sendiri. Kalau sudah begini, maka kamu perlu mengganti RAM nya, bisa kamu ganti sendiri atau bawa ke tukang servis laptop terdekat untuk mengatasinya.

Masalah baterai

Masalah baterai menyebab Laptop Mati Sendiri

Masalah baterai juga bisa menyebab laptop mati sendiri. Misal karena penggunaan laptop yang terlalu lama sehingga dayanya habis, atau bisa juga karena keseringan mengisi daya secara berlebihan. Penggunaan game atau software yang berat juga bisa menyebabkan masalah pada baterai.

Karena pada umumnya, game modern membutuhkan pengisi dengan voltase tinggi, mulai dari 100 watt sampai 240 watt. Namun sebagian besar pengguna laptop tidak menyadarinya dan mungkin kamu salah satunya.

Jika laptop kamu tiba-tiba mati sendiri, coba uji baterainya. Apakah masih normal atau tidak, jika tidak maka kamu perlu menyiapkan dana lebih untuk membeli baterai baru. Tapi pastikan baterainya memiliki ampere yang sesuai dengan kebutuhan, karena kalau tidak akan menimbulkan masalah lagi.

Terjadi kerusakan pada pengisi daya

kerusakan pada pengisi daya

Penyebab utama laptop mati sendiri lainnya adalah terjadi kerusakan pada pengisi daya atau charger. Sebenernya ini adalah masalah paling serius, karena bisa menyebabkan kerusakan pada semua komponen hardware yang ada di laptop. Pasalnya terjadi ketidakstabilan arus listrik.

Jika kamu merasa ini adalah penyebabnya, coba kamu pinjam charger yang memiliki spesifikasi yang sama, jika laptop kembali normal lagi, maka kamu harus menyiapkan dana lebih untuk membeli charger yang baru.

Terjadi kesalahan atau kerusakan sistem operasi / OS

kesalahan atau kerusakan sistem operasi / OS

Pernah mengutak-atik OS atau mungkin mengubah driver pada laptop? Jika iya, bisa jadi ini yang menyebabkan laptop kamu mati sendiri. Apalagi kalau kamu pernah mengutak-atik bagian BIOS nya.

Untuk mengatasiny, silahkan bawa ke tukang servis laptop atau meminta bantuan teman kamu yang paham soal sistem operasi.

Laptop terkena virus

Laptop terkena virus

Penyebab laptop mati sendiri selanjutnya adalah karena virus. Beberapa virus bisa merusak kinerja laptop dan membuatnya tiba-tiba mati sendiri. Virus tersebut biasanya akan ter-triger jika kamu menjalankan aplikasi tertentu.

Jika masalah ini yang mungkin kamu alami, maka kamu perlu membersihkanya dengan anti virus. Kami sarankan untuk mengaktifkan Windows Defender saja, untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Laptop banyak debu dan kotoran

Laptop banyak debu dan kotoran

Laptop yang kotor dan panya debunya juga bisa menjadi penyebab laptop mati sendiri. Debu dan kotoran yang menumpuk berpotensi untuk mengganggu kinerja hardware yang berperan penting untuk menjalankan laptop.

Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa kondisi laptop, buka chasing belakangnya kemudian bersihkan semua debu dan kotoran yang menempel disana. Gunakan sikat yang lembut untuk membersihkanya, agar tidak merusak komponen yang penting.

Demikian beberapa cara mengidentifikasi laptop mati sendiri yang bisa kamu coba. Kami harap apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan membantu kamu keluar dari masalah tersebut.

Leave a Reply