6 Perbedaan Windows 10 dan 11 yang Paling Mencolok

6 Perbedaan Windows 10 dan 11 yang Paling Mencolok

Pada tanggal 24 Juni 2021 kemarin, secara resmi Microsoft meluncurkan sistem operasi Windows terbarunya, yaitu Windows 11. Sebagai suksesor dari Windows 10 yang diluncurkan 2015 silam, Windows 11 membawa gebrakan besar-besaran, mulai dari desain, fitur, higga dukungan aplikasi Android.

Lalu apa perbedaan antara Windows 10 dan 11 yang paling signifikan? Pasti penasaran kan, berikut kami rangkumkan beberapa perbedaan Windows 10 dan 11 yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Perbedaan Windows 10 dan 11

Tampilan UI (antarmuka) yang lebih simpel dan segar

Tampilan UI (antarmuka) yang lebih simpel dan segar

Perbedaan paling mencolok antara Windows 10 dan Windows 11 ada pada tampilan antarmukanya (UI). Windows 11 hadir dengan tampilan yang sangat minimalis, terutama bagian taskbar dan start menunya.

Menu-menu tersebut kini tidak lagi berada di sebelah kiri layaknya Windows 10, tapi berada di sisi tengah layaknya tampilan antarmuka MacOS. Meskipun begitu, beberapa menu seperti jam, koneksi dan baterai masih ada di sisi kanan taskbar.

Ikon menu yang ada di start menu juga ikutan dirombak. Kini logonya mengusung sudut yang rounded dan terkesan lebih santai dibandingkan yang ada pada Windows 10. Begitu juga dengan tampilan jendela yang aktif.

Perbedaan lain yang terlihat mencolok dari antarmukanya adalah dihilangkannya fitur Live Tiles di Windows 11. Buat yang belum tahu apa itu Live Tiles, ia adalah fitur Windows yang berfungsi menampilkan informasi cuaca, kalendar serta informasi lainnya.

Bentuk logo Windows 10 dan Windows 11 berbeda

Bentuk logo Windows 10 dan Windows 11 berbeda

Bukan hanya tampilan antarmuka, tampilan logo Windows pun juga ikut diperbarui. Kini logo Windows 11 jadi flat dan seperti gambar jendela tampak depan, sedangkan logo Windows 10 bergaya 3D.

Selain logo, suara Startup Sound Windows 11 juga turut diperbarui. Jadi, ketika kamu menyalakan laptop/komputer pertama kali suaranya akan berbeda dengan yang menggunakan Windows 10.

Mendukung penggunaan aplikasi Android tanpa emulator

Mendukung penggunaan aplikasi Android tanpa emulator

Pertama kalinya Microsoft akan menghadirkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android tanpa perlu melakukan modifikasi khusus di versi Windows terbarunya, yaitu Windows 11.

Selama ini, kalau kita ingin menjalankan aplikasi Android di laptop harus menggunakan bantuan Android emulator atau melakukan dual boot OS, dan tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik.

Namun, kini aplikasi-aplikasi Android bisa dengan mudah kamu jalankan di laptop dengan cara mengunduhnya dari Amazon App Store. Setelah kamu unduh, kamu bisa langsung menginstall dan menjalankannya di laptop dengan OS Windows 11.

Untuk hal ini, Microsoft menggunakan teknologi Intel Bridge yang memungkinkan aplikasi Android bisa berjalan dengan baik di arsitektur x86. Kabar baiknya, aplikasi Android di Windows 11 bisa bekerja pada semua jenis CPU, baik itu Intel, AMD maupun ARM.

Kemampuan tersebut mirip dengan Chip M1 milik Apple yang memungkinkan apliksi iOS bisa digunakan di sistem operasi MacOS.

Microsoft pun kini telah melakukan perilisan Windows 11 secara bertahap sejak Oktober 2021 kemarin dan akan terus berlanjut hingga awal tahun 2022 mendatang. Buat yang belum mendapatkan update otomatis harap bersabar, atau kalau sudah tidak sabar bisa juga melakukan instalasi manual.

Tampilan widget baru

Windows 11 membawa tampilan widget baru yang didukung oleh Microsoft Edge dan AI. Widget tersebut bisa kamu akses dengan cara menggerakkan kursor ke sisi kiri layar.

Widget tersebut berisi informasi cuaca, berita terbaru, foto dan info penting lainnya secara sekilas.

Terintegrasi dengan Teams

Microsoft kini juga mengintegrasikan Teams di dalam Windows 11. Dengan begitu, para pengguna Windows 11 bisa dengan mudah melakukan panggilan suara, teks, maupun video kepada pengguna lain. Layaknya Facetime milik Apple.

Auto HDR jika dipakai bermain game

Aspek gaming menjadi perhatian khusus oleh Microsoft di Windows terbaru ini. Untuk memanjakan para pecinta game, Microsoft membekali fitur Auto HDR di Windows 11. Fitur ini akan mengadirkan komposisi warna yang lebih baik ketika bermain game.

Demikian, beberapa perbedaan Windows 10 dan Windows 11 yang paling mencolok dan layak untuk dipertimbangkan.

Leave a Reply