Tips Setelah Install Windows 10 yang Wajib Kamu Coba

11 Tips Setelah Install Windows 10 yang Wajib Kamu Coba

Dalam artikel kali ini, barstow akan membagikan beberapa tips setelah install Windows 10 agar performanya jadi maksimal.

Selain tips simpel ini, barstow juga sudah menyiapkan artikel cara mempercepat Windows 10 yang wajib kamu baca dan dipraktekan tentunya.

11 tips setelah install Windows 10 yang wajib dilakukan

Install update

Setelah melakukan install Windows 10 terkadang ada beberapa driver yang belum terinstall, yang paling sering adalah driver display (VGA), sensor biometrik, serta perangkat peripheral tambahan lainnya.

Dengan melakukan update Windows 10, secara otomatis Windows akan mencari driver yang sesuai dengan perangkat yang kita gunakan pada library yang ada di server Microsoft. Sehingga kamu tidak perlu lagi mencari driver sendiri yang terkadang tidak kompatibel (karena salah baca).

Selain itu, dengan melakukan update Windows 10, kamu juga akan mendapat beberapa fitur baru (kalau ada), bug fix dan security pacth terbaru yang bisa membuat performa Windows 10 jadi lebih maksimal.

Cek driver yang belum terinstall

Dengan melakukan langkah pertama, sebenarnya sudah cukup untuk mengatasi masalah ini. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan cek ulang jikalau ada driver yang masih belum terinstall.

Cara cek driver di Windows 10 bisa ikuti langkah-langkah ini

  1. Ketikkan ‘device manager’ pada search bar yang ada di taskbar
  2. Pilih menu Device Manager
  3. Cek satu persatu driver yang belum terinstall (biasanya ada tanda serunya, yang artinya belum terinstall atau bermasalah)
  4. Cari driver yang sesuai kemudian install
  5. Masuk ke akun Microsoft

Tips setelah install Windows 10 berikutnya adalah masuk ke akun Microsoft, karena ada beberapa fitur yang hanya bisa kamu gunakan ketika sudah login ke akun Microsoft.

Misal melakukan sinkronisasi dengan perangkat Windows lainnya seperti Windows Phone atau laptop/PC yang juga terinstall Windows.

Jika belum punya silahkan buat akun Microsoft dengan cara klik icon Windows > Pilih Accounts > Create new account > isi data yang sesuai.

Install aplikasi office (opsional)

Tips setelah install Windows 10 ini sifatnya opsional saja. Kenapa? Karena kamu masih bisa menggunakan aplikasi office cloud milik Google yang bisa kamu akses dari mana saja dan kapan saja.

Ada Google Doc, Spreadsheet, Slide dan juga Google form yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi maupun menyelesaikan pekerjaan kantor.

Install aplikasi multimedia (opsional)

Buat yang suka nonton film, dengerin musik atau lihatin foto-foto sebenernya di Windows 10 sudah ada aplikasi multimedia bawaan, tapi fiturnya masih sangat sederhana dan kurang nyaman bagi sebagian orang. Apakah kamu termasuk?

Oleh karena itu, beberapa orang lebih memilih install aplikasi multimedia dari pihak ketiga. Seperti AIMP untuk memutar musik, dan Media Player Classic untuk menonton video. Kedua aplikasi multimedia tersebut gratis atau freeware.

Install aplikasi foto dan video editor (opsional)

Buat para konten kreator wajib nih install aplikasi editor foto atau video, ada banyak sekali aplikasi editor foto/video diluar sana, baik yang berbayar maupun gratisan.

Tapi sebelum mencoba aplikasi macem-macem, baiknya kamu coba dulu PhotoScape X yang ada di Windows store, fiturnya sangat lengkap dan mudah digunakan.

Kalau untuk video editing kami sarankan untuk menggunakan aplikasi open source seperti Shotcut dan Openshot. Selain gratis, fitur yang diberikan juga cukup lengkap.

Install browser

Tips setelah install Windows 10 yang sangat penting adalah install browser. Meskipun browser Microsoft edge bawaan dari Windows sudah lebih baik, tapi rasanya ada yang kurang kalau belum install Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Mengaktifkan System Restore Point

Fitur ini kami rekomendasikan untuk diaktifkan, karena kalau terjadi error yang tak bisa diatasi kita bisa melakukan roll-back sistem.

Seperti ketika laptop atau komputer sering blue screen, aplikasi tidak bisa dibuka, hingga perangkat yang tidak berfungsi dengan semestinya yang tentunya sangat mengganggu pekerjaan, meskipun sudah mencoba berbagai macam cara.

Buat yang belum tahu caranya, bisa baca di artikel cara membuat System Restore Point.

Pastikan Windows Security aktif dan baik-baik saja

Windows Security atau kita kenal dengan Windows Defender merupakan aplikasi antivirus bawaan Windows yang cukup mumpuni.

Untuk memastikan komputer dalam keadaan baik-baik saja, tidak ada malware yang menyerang, baiknya kamu aktifkan Windows Defender dan membuatnya selalu up to date.

Login email

Tips setelah install Windows 10 selanjutnya adalah login dan setting email, supaya ketika ada email yang masuk kamu bisa segera mendapatkan notifikasi, dan membalasnya tanpa harus membuka browser.

Aplikasi Mail bawaan Windows bisa kamu gunakan untuk semua jenis email, baik itu Yandex, Gmail, maupun Outlook, email perusahaan, email kampus maupun email kustom pake domain sendiri juga bisa.

Cara menambahkan akun email di Windows 10 juga sangat mudah

  1. Buka aplikasi Mail
  2. Setting (gambar gerigi)
  3. Pilih Manage Accounts
  4. Pilih Add account
  5. Pilih email provider
  6. Login atau buat email baru

Setelah selesai menambahkan email, ketika ada email baru yang masuk maka akan langsung ada di notifikasi.

Leave a Reply