11 Langkah Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Install Aplikasi

11 Langkah Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Install Aplikasi

Pernah mengalami masalah di Windows 10 tidak bisa install aplikasi? Software dan program apapun tidak bisa terpasang ke sistem dan biasanya akan muncul notifikasi error yang menjadi sumber masalahnya, tapi bingung harus ngapain?

Tenang, jika laptop atau PC kamu menggunakan Windows 10 dan mengalami masalah tidak bisa install aplikasi, berikut ada beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Cara mengatasi Windows 10 tidak bisa install aplikasi

Tidak usah panik dan buru-buru pergi ke tukang servis laptop, siapa tahu beberapa solusi di bawah ini bisa membantumu mengatasi masalah di Windows 10 yang tidak bisa install aplikasi apapun.

Restart laptop/komputer

Hal pertama yang lazim untuk dilakukan ketika laptop bermasalah adalah melakukan restart, termasuk juga jika Windows 10 kamu tidak bisa install aplikasi. Hal ini bertujuan untuk melakukan refresh sistem yang berjalan di Windows.

Langkah sederhana ini sering kali berhasil mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada laptop/komputer. Coba restar dulu, kemudian install aplikasi yang kamu inginkan. Jika masih gagal, mari kita coba ke solusi berikutnya.

Matikan UAC (User Account Control)

Jika setelah melakukan restart masih belum bisa melakukan install aplikasi, maka kamu perlu mencoba untuk mematikan fitur filtyering pada Windows 10 yang bernama User Account Control.

Fitur bawaan Windows ini merupakan fitur keamanan yang memungkinkan sistem untuk mencegah adanya program baru berjalan pada level administrative, dimana kamu tidak bisa melakukan instalasi aplikasi.

Untuk mematikan UAC silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Ketikkan UAC pada search bar
  2. Pilih Change User Account Control settings
  3. Pada jendela pengaturan yang muncul, tarik slider ke paling bawah (Never notify)
  4. Kemudian klik OK
  5. Tutup jendela pengaturan, kemudian coba lakukan install aplikasi sekali lagi

Bagaimana, apakah sudah bisa atau belum? Jika masih belum bisa melakukan install aplikasi di Windows 10, mari kita coba ke langkah selanjutnya.

Cek pengaturan App Installer

Secara umum Windows mengizinkan kamu untuk menginstall aplikasi dari Microsoft Store dan sumber lain, tapi ada sebuah pengaturan yang memungkinkan kamu hanya bisa menginstall aplikasi yang ada di Microsoft Store saja. Dan bisa jadi ini merupakan penyebab kenapa kamu tidak bisa intall aplikasi.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa pengaturan tersebut dalam keadaan non-aktif. Untuk mengetahuinya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Apps, kemudian Apps & features
  3. Pastikan pada bagian Choose where to get apps statusnya Anywhere

Selanjutnya, kamu perlu mengaktifkan Developer Mode dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Masih di menu Settings
  2. Pilih Update & Security
  3. Pilih For developers pada tab sebelah kiri
  4. Klik On pada bagian Developer Mode

Jika tiga cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah Windows 10 tidak bisa install aplikasi yang sedang kamu alami saat ini, mungkin penyebabnya adalah yang satu ini, yaitu.

Pastikan ruang penyimpanan masih mencukupi

Terlalu pusing dengan permasalahan terkadang kita lupa akan hal mendasar, salah satunya adalah tersedianya ruang penyimpanan untuk aplikasi yang akan diinstall. Pastikan kamu masih memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk melakukan instalasi.

Jika ruang penyimpanan masih banyak tersedia. Mungkin kamu perlu mencoba solusi yang selanjutnya.

Menjalankan installer sebagai administrator

Akun user di Windows 10 hanya mau menjalankan sebuah program dengan administrator ketika dibutuhkan, yang diatur oleh User Account Control. Ketika ingin menginstall sebuah program, maka jendela UAC akan selalu muncul untuk meminta izin eksekusi.

Jika proses tersebut gagal, maka aplikasi tidak bisa diinstall. Untuk mengatasinya kamu perlu melakukannya secara manual, yaitu dengan cara klik kanan file installer kemudian pilih Run as administrator.

Aktifkan fitur compatibility mode

Penyebab Windows 10 tidak bisa install aplikasi bisa jadi disebabkan oleh masalah kompatibilitas. Karena beberapa program masih ada yang belum melakukan update sehingga tidak kompatibel dengan versi Windows yang lebih modern.

Jika masalah kompatibilitas adalah penyebabnya, maka kamu harus menjalankan compatibility mode untuk melakukan instalasi. Tapi perlu di garis bawahi juga, biasanya hal ini hanya terjadi pada aplikasi-aplikasi lama yang berjalan di versi Windows 10 ke bawah.

Cara menggunakan fitur compatibility mode

  1. Klik kanan pada file installer
  2. Pilih Properties
  3. Pilih tab Compatibility
  4. Centang Run this program in compatibility mode for
  5. Pilih versi Windows 8 atau 7

Kamu bisa mencoba beberapa versi Windows, hingga aplikasi tersebut bisa kamu install dengan lancar. Apabila Windows 8 tidak berhasil, maka pilih Windows 7, XP, Vista dan seterusnya.

Pastikan bit aplikasi sesuai dengan bit laptop/komputer

Aplikasi dengan arsitektur 32 Bit bisa kamu install pada laptop atau komputer dengan arsitektur 32 Bit maupun 64 Bit. Tapi, kamu hanya bisa menginstall aplikasi 64 Bit pada laptop/komputer 64 Bit saja. Jadi pastikan, bit aplikasi dan bit laptop sudah sesuai, maksudnya aplikasi 32 Bit untuk laptop 32 dan 64 Bit, sedangkan aplikasi 64 Bit hanya untuk laptop 64 Bit.

Jika kamu tidak tahu versi berapakah laptop kamu, 32 Bit atau 64 Bit, ada baiknya kamu membaca artikel ini dulu. Jika versi bit aplikasi dan laptp sudah sesuai, maka tidak akan kamu temui lagi masalah Windows 10 tidak bisa install aplikasi.

Jalankan App troubleshooter

Troubleshooter merupakan fitur bawaan yang ada pada Windows 10 yang bisa kamu gunakan berbagai macam masalah yang tidak kita ketahui penyebabnya, salah satunya adalah masalah Windows 10 tidak bisa install aplikasi.

Berikut cara menggunakan aplikasi troubleshooter di Windows 10

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Update & Security
  3. Pilih Troubleshooter
  4. Pilih Additional troubleshooters
  5. Pilih Program Compatibility Troubleshooters
  6. Klik Run the troubleshooter

Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai melakukan perbaikan pada masalah yang ditemukan. Terkadang kamu juga akan mendapat rekomendasi langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jalankan System File Checker

Cara mengatasi Windows 10 tidak bisa install aplikasi yang selajutnya adalah dengan menjalankan System File Checker yang di Windows 10. Fitur ini berfungsi untuk memperbaiki file sistem yang rusak atau korup sehingga menyebabkan tidak bisa install aplikasi/software.

Untuk menjalankan System File Checker, bisa kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Command Prompt dengan cara Run as administrator
  2. Ketikkan perintah ini sfc /scannow
  3. Tekan Enter dan tunggu proses scanning sampai selesai
  4. Jika sudah, restart laptop kamu kemudian coba install lagi aplikasi yang sebelumnya tidak bisa diinstall

Repair Windows 10 dengan DISM

Jika cara sebelumnya masih belum bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi, maka kamu perlu mencoba solusi yang satu ini. Yaitu dengan cara melakukan repair Windows 10 dengan DISM. Jika belum tau apa itu DISM, kamu bisa baca penjelasannya disini.

Untuk melakukan repair Windows 10 dengan DISM

  1. Buka Command Prompt
  2. Ketikkan perintah DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  3. Tekan Enter kemudian tunggu prosesnya sampai selesai
  4. Restart laptop/komputer

Gunakan System Restore Point

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah Windows 10 tidak bisa install aplikasi adalah dengan cara mengaktifkan System Restore Point. Tapi, cara ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu sudah membuat System Restore Point sebelumnya, jika tidak maka install ulang laptop adalah jalan terakhirnya.

Untuk yang sudah membuat System Restore Point sebelumnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Recovery
  3. Pilih Open System Restore kemudian klik Next
  4. Pada jendela System Restore Point akan terlihat beberapa versi Restrore Point yang pernah kamu buat, pilih yang paling baru kemudian klik Next dan Finish

Tunggu proses restore sampai selesai, jangan khawatir jika laptop tiba-tiba melakukan restart sendiri, karena itu tandanya laptop sedang bekerja untuk mengembalikan laptop kamu ke kondisi yang prima.

Itulah beberapa cara mengatasi Windows tidak bisa install aplikasi/software yang bisa kamu coba, dan semoga bisa membantumu menyelesaikan masalah. Jika semua cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah, silahkan tinggalkan jejak di komentar.

Leave a Reply