Cara Mengaktifkan Windows Defender di Semua Versi Windows

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Semua Versi Windows

Buat yang laptop atau komputernya memakai OS Windows pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Windows Defender. Dan cara mengaktifkan Windows Defender juga tidaklah susah.

Fungsi Windows Defender adalah untuk melindungi komputer/laptop kamu dari serangan malware (asal Windows yang kamu pakai original) karena Microsoft selalu melakukan update berkala untuk melindungi laptop kamu dari serangan virus. FYI, Windows Defender ini sudah ada sejak tahun 1995, tepatnya bulan Oktober, tanggal 16 dengan nama Spyware. Jadi dia sudah lama banget jadi anti virus.

Meskipun begitu, masih banyak para pengguna Windows yang kurang yakin dengan kemampuan Windows Defender ini dan lebih memilih anti virus dari pihak ketiga seperti Kaspersky, Avira, Norton, BitDefender dan masih banyak lagi lainnya. Kalau kamu bagaimana? Apapun pilihanmu, pastikan lisensinya original ya, jangan yang bajakan apalagi hasil crack. Bahaya!

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara mengaktifkan Windows Defender pada Windows Vista, 7/8/8.1/10 ada baiknya kamu simak dulu fitur-fitur yang dimiliki oleh Windows Defender, biar kamu tidak asal mengaktifkan saja, tapi tidak tahu bakal ngapain aja Windows Defender-nya.

Fitur utama Windows Defender

Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Windows Defender, tapi kali ini kami akan fokus ke fitur utamanya saja, karena menurut kami ini yang paling penting. Pertama adalah fitur Spyware atau fitur anti pengintaian.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk melindungi data-data penting yang ada di laptop/komputer kamu. Jadi, jika ada aktifitas yang mencurigakan, fitur yang terkoneksi ke Microsoft SpyNet ini akan langsung melaporkannya ke Microsoft untuk ditindak lebih lanjut lagi.

Yang kedua pastinya ya fitur anti virusnya yang akan memproteksi laptop/komputer kamu dari serangan malware yang terkadang tidak sengaja kamu dapat dari internet lewat link-link tidak jelas yang pernah kamu klik. Apalagi kalau kamu sering berburu ‘Link Gan’. Harus hati-hati, nanti diciduk sama Kominfo baru tahu rasa.

Woke langsung kita lanjut saja ke topik utama kita, yaitu cara mengaktifkan Windows Defender pada Windows Vista 7/8/8.1/10.

Cara mengaktifkan Windows Defender di Windows Vista

Perlu kamu tahu, sebenarnya Windows Vista ini merupakan produk gagal yang pernah dikeluarkan oleh Microsoft Windows. Salah satu penyebabnya adalah membuat kinerja laptop/komputer jadi berat apalagi buat yang laptopnya kentang, ya makin parah lah pokoknya. Sehingga peminatnya sangat sedikit.

Jadi, cara mengaktifkan Windows Defender ini merupakan pembahasan spesial buat kamu yang pakai Windows Vista, biar tidak merasa insecure nantinya. Kami tahu lah apa yang kamu rasakan. Jadi kalau kamu mau mengaktifkan Windows Defender-nya, begini caranya.

  1. Klik icon Windows yang ada pada laptop atau bisa juga menekan tombol Windows pada Keyboard kemudian pilih ‘All Programs’
  2. Scroll ke bawah dan cari tulisan ‘Windows Defender’ atau langsung ketikkan saja di kolom pencarian yang sudah disediakan dengan kata kunci ‘Windows Defender’ bukan ‘Jodohku Siapa’ karena dia tidak tahu
  3. Kalau sudah ketemu silahkan di klik saja
  4. Kalau sudah kebuka, pilih Tools dan Settings, kemudian pilih Option
  5. Pada menu Administator Option, silahkan centang kotak yang bertuliskan ‘Use Windows Defender’
  6. Klik Save/Simpan, dan taraaa.. Windows Defender kamu sudah aktif sekarang. Gampang kan?

Cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 7

Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi Windows yang masih banyak penggunanya sampai sekarang, meskipun di pasaran sudah ada Windows 8 dan Windows 10 tapi peminat Windows 7 masih sangat banyak, hal tersebut dikarenakan performa dan fitur-fitur Windows 7 sangat bagus dibandingkan dengan Windows Vista.

Nah, buat kamu yang masih setia dengan Windows 7, berikut cara mengaktifkan Windows Defender-nya.

  1. Tekan tombol Windows pada keyboard atau icon Windows yang ada pada layar, kemudian ketikkan kata kunci ‘Windows Defender’ pada kolom pencarian
  2. Pilih Windows Defender hingga muncul jendela menu program tersebut
  3. Setelah masuk ke Menu Windows Defender, pilih Tools and Settings atau icon gerigi
  4. Pilih Option, kemudian pilih Administrator
  5. Pada Menu Administrator, centang pilihan ‘Use This Program’ kemudian pilih Save/Simpan yang di bagian bawah jendela. Dengan demikian Windows Defender kamu sudah aktif

Cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 8

Windows 8 merupakan cikal bakal dibalik simpelnya tampilan Windows 10 yang sekarang. Selain itu, Windows 8 juga merupakan penyempurnaan dari Windows sebelumnya yaitu Windows 7 yang sudah kita bahas sebelum ini. Nah, buat kamu yang masih menggunakan OS Windows 8, berikut cara mengaktifkan Windows Defender-nya.

  1. Masih sama dengan versi sebelumnya, cukup tekan tombol Windows yang ada di keyboard atau icon Windows yang ada di layar
  2. Ketikkan kata kunci ‘Windows Defender’ pada kolom pencarian
  3. Pilih Windows Defender untuk menjalankan aplikasinya
  4. Pada Menu Windows Defender pilih Setting dan Real-time Protection yang ada di pojok sebelah kiri bawah jendela
  5. Centang kotak yang ada tulisannya ‘Turn on real-time protection (recommended)
  6. Simpan/Save dan sekarang Windows Defender kamu sudah aktif dan siap untuk menjaga laptop kamu dari serangan malware

Cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Tidak terasa sudah sampai di akhir topik pembahasan. Versi terbaru dari OS Windows adalah Windows 10 yang sangat simpel, ringan dan mudah untuk dioperasikan meski oleh pemula sekalipun. Tampilan user interface nya sangat nyaman dan membuat mata tidak kebingungan mencari tata letak program yang mau dijalankan.

Biar laptop/komputer kamu aman dari serangan Spyware dan malware, berikut cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 10 biar performanya bagus..

  1. Pergi ke Menu Settings/Pengaturan yang bisa kamu akses melalui icon windows yang ada di taskbar, atau bisa juga dengan menekan tombol windows yang ada di keyboard, kalau mau lebih simpel lagi, klik tombol windows + I secara bersamaan
  2. Pilih opsi Update and Security (Windows Update, Recovery, Backup)
  3. Masuk ke Menu Windows Security kemudian Virus & Threat Protection
  4. Pilih Manage Settings
  5. Kemudian geser tombol ke posisi ON untuk mengaktifkan Windows Defender

Nah itu dia cara mengaktifkan Windows Defender dari berbagai macam versi Windows yang ada di pasaran. Bagaimana, mudah bukan?

Leave a Reply