2 Cara Memperbaiki Printer In An Error State

Buat bisnis percetakan atau perkantoran yang butuh file hard copy, printer adalah perangkat yang sangat krusial dan harus dalam kondisi yang selalu prima. Namun terkadang realita tidak seindah ekspektasi.

Kalau masalah error umum seperti error E02, error E07, dan seterusnya mungkin masih gampang untuk diperbaiki karena sudah biasa. Tapi bagaimana dengan masalah printer in an error state? Bingung kan bagaimana cara memperbaikinya.

Oleh sebab itu, kami buatkan artikel ini. Di artikel ini akan kita bahas cara memperbaiki printer in an error state untuk semua merek printer yang ada di pasaran. Baca sampai selesai ya, biar dapat pemahaman baru dan bisa jadi nilai tambah kalau kebetulan kamu adalah seorang karyawan.

Cara memperbaiki printer in an error state melalui Device Manager

  1. Buka Device Manager
  2. Pilih Print queues
  3. Klik kanan pada bagian Microsoft Print to PDF
  4. Pilih Update driver
  5. Pada jendela yang muncul, klik Search automatically for updated driver software
  6. Tunggu proses sampai selesai dan muncul jendela baru dengan keterangan “The best drivers for your device are already installed”

Cara memperbaiki printer in an error state melalui Command Prompt

  1. Buka aplikasi Command Prompt dengan cara klik kanan Run as administrator
  2. Ketikkan perintah net stop spooler kemudian tekan Enter
  3. Kemudian ketikkan net start spooler kemudian tekan Enter
  4. Tutup command prompt dan masalah printer in an error state sudah berhasil teratasi

Mudah bukan, cara memperbaiki printer in an error state? Mudah banget ternyata kalau tahu caranya, kalau belum tahu ya pasti bingung.

Untuk itu, mari kita kenali beberapa masalah umum pada printer yang mungkin akan kamu alami di kemudian hari. Simpel sih, tapi kalau tidak tahu bisa membuat kerjaan jadi tertunda.

Masalah umum yang terjadi pada printer

Masalah umum yang terjadi pada printer
Photo by cottonbro on Pexels.com

Error E02

Masalah ini biasanya terjadi kalau kita terlalu asik kerja dan abai dengan kebutuhan printer. Yaitu kertas. Bagaimana mau nge-print kalau kertasnya saja tidak ada. Nah masalah printer error E02 ini disebabkan karena kertasnya habis ketika sedang melakukan printing.

Solusinya tinggal isi ulang saja kertasnya, hanya saja terkadang printer tidak langsung mau melanjutkan proses printing, ngambek kayaknya. Jadi perlu restart dulu printernya biar ngga ngambek lagi.

Error E07

Kalau yang biasanya disebabkan karena pemasangan catridge yang kurang sesuai, sehingga printer akan mengalami error dengan kode error E07. Cara mengatasinya ya tinggal benerin saja posisi catridge nya kemudian coba gunakan lagi.

Error E13

Lagi-lagi masalah printer ini akan muncul kalau penggunanya abai dengan kebutuhan printer. Bagaimana mau printing kalau tintanya menipis atau bahkan habis. Maka dari itu, printer akan memberi tahu dengan notifikasi error E13.

Solusinya tinggal isi ulang saja tintanya, dan printer siap untuk digunakan lagi. Hanya saja, terkadang error E13 belum juga mau hilang meskipun sudah diisi tinta lagi. Tapi ngga usah panik, cukup tekan tombol resume atau stop untuk mengatasinya.

Error 1300

Ruang kerja biasa diakses anak-anak, atau sering meletakkan benda-benda kecil seperti penghapus, pensil dan lain-lain di sekitar printer? Jika iya, bisa jadi ada benda-benda tersebut yang terjatuh ke printer dan mengganggu kinerja roller pada printer.

Bagaimana, apakah sudah menambah wawasan baru tentang printer? Jika belum, kami masih ada artikel tentang printer lainnya, salah satunya adalah cara sharing printer di Windows 10, dengan begitu kamu bisa saling berbagi printer dengan yang lainnya tanpa harus bongkar pasang printer untuk dipindahin ke komputer lain.

Eits, sebelum baca yang lain, tolong bagikan artikel ini ke teman kamu ya. Biar mereka dapat wawasan baru. Bisa kamu bagikan melalui Facebook, Twitter maupun WhatsApp dengan cara klik tombol di bawah.

Terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like